Tarigan, Atanasia Ulin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SMA NEGERI 1 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193141042_Cover.pdf
Download (36kB)
4193141042_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (535kB)
4193141042_Abstrak.pdf
Download (558kB)
4193141042_Kata_Pengantar.pdf
Download (202kB)
4193141042_Daftar_Isi.pdf
Download (245kB)
4193141042_Daftar_Gambar.pdf
Download (176kB)
4193141042_Daftar_Tabel.pdf
Download (175kB)
4193141042_Daftar_Lampiran.pdf
Download (176kB)
4193141042_BAB_I.pdf
Download (447kB)
4193141042_BAB_V.pdf
Download (424kB)
4193141042_Daftar_Pustaka.pdf
Download (476kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis kasus terhadap hasil belajar materi sistem ekskresi siswa SMA Negeri 1 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest and posttest control group design. Populasi
berjumlah 213 orang yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan
dengan model pembelajaran berbasis kasus dan siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran langsung menerapkan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan ganda
sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,33 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 73,00. Persen perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol
yaitu 13%. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa �ℎi���g > ����e� yaitu 4,49 > 1,68 dengan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2 – 2) dan � = 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh
yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis kasus terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Berbasis Kasus; Hasil Belajar; Sistem Ekskresi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 01:09 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 01:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55643 |