PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SMA NEGERI 1 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Tarigan, Atanasia Ulin (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI SMA NEGERI 1 TIGAPANAH TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193141042_Cover.pdf] Text
4193141042_Cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193141042_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141042_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of 4193141042_Abstrak.pdf] Text
4193141042_Abstrak.pdf

Download (558kB)
[thumbnail of 4193141042_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141042_Kata_Pengantar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4193141042_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141042_Daftar_Isi.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4193141042_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193141042_Daftar_Gambar.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4193141042_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193141042_Daftar_Tabel.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 4193141042_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193141042_Daftar_Lampiran.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 4193141042_BAB_I.pdf] Text
4193141042_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 4193141042_BAB_V.pdf] Text
4193141042_BAB_V.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of 4193141042_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141042_Daftar_Pustaka.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis kasus terhadap hasil belajar materi sistem ekskresi siswa SMA Negeri 1 Tigapanah Tahun Pembelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest and posttest control group design. Populasi
berjumlah 213 orang yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random). Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan
dengan model pembelajaran berbasis kasus dan siswa kelas XI IPA 4 yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan model pembelajaran langsung menerapkan pendekatan saintifik sesuai dengan kurikulum 2013. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan ganda
sebanyak 20 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,33 lebih tinggi daripada nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 73,00. Persen perbedaan nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol
yaitu 13%. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa �ℎi���g > ����e� yaitu 4,49 > 1,68 dengan derajat kebebasan (dk) = (n1 + n2 – 2) dan � = 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh
yang signifikan dari penerapan model pembelajaran berbasis kasus terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berbasis Kasus; Hasil Belajar; Sistem Ekskresi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 26 Apr 2024 01:09
Last Modified: 26 Apr 2024 01:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55643

Actions (login required)

View Item
View Item