Isdawanty, Wida (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Prakarya Kelas X SMA Negeri 11 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5163143023_Cover.pdf
Download (72kB)
5163143023_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (310kB)
5163143023_Kata_Pengantar.pdf
Download (170kB)
5163143023_Abstrak.pdf
Download (86kB)
5163143023_Daftar_Isi.pdf
Download (141kB)
5163143023_Daftar_Tabel.pdf
Download (56kB)
5163143023_Daftar_Gambar.pdf
Download (84kB)
5163143023_Daftar_Lampiran.pdf
Download (55kB)
5163143023_BAB_I.pdf
Download (336kB)
5163143023_BAB_V.pdf
Download (126kB)
5163143023_Daftar_Pustaka.pdf
Download (252kB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengembangan media pembelajaran menggunakan lectora inspire pada pembuatan tas tangan (handbag) dari limbah plastik di kelas X SMA Negeri 11 Medan; 2) kelayakan media pembelajaran menggunakan lectora inspire pembuatan tas tangan (handbag) dari limbah plastik di kelas X SMA Negeri 11 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. ada lima tahapan dalam penelitian ini. Tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari; 1) tahap analisis (analysis); 2) tahap perancangan (design); 3) tahap pengembangan (development); 4) tahap implementasi (implementation); 5) tahap evaluasi (evaluation). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) menghasilkan produk media pembelajaran menggunakan lectora inspire para mata pelajaran prakarya
yang baik dan layak digunakan; 2) kelayakan media pembelajaran menggunakan lectora inspire berdasarkan validasi dari 2 orang ahli materi dengan perolehan
89,58% dengan kategori sangat baik, dan validasi ahli dari 2 ahli media dengan perolehan 91,35% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba media pada siswa kelompok kecil diperoleh rata-rata 73,28% dengan kategori baik, dan hasil uji coba media pada siswa kelopok besar diperoleh rata-rata 94,9% dengan kategori sangat baik. Dari hasil validasi ahli materi, ahli media, dan uji coba siswa kelompok kecil dan besar, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan lectora inspire yang dikembangkan pada mata pelajaran prakarya layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Lectora Inspire; Hand Bag; Limbah Plastik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 08:39 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55629 |