Pengembangan Modul Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TITL

Situmorang, Yohana (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TITL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183331015_Cover.pdf] Text
5183331015_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 5183331015_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183331015_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 5183331015_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183331015_Kata_Pengantar.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 5183331015_Abstrak.pdf] Text
5183331015_Abstrak.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 5183331015_Daftar_Isi.pdf] Text
5183331015_Daftar_Isi.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 5183331015_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183331015_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 5183331015_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183331015_Daftar_Gambar.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 5183331015_BAB_I.pdf] Text
5183331015_BAB_I.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 5183331015_BAB_V.pdf] Text
5183331015_BAB_V.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 5183331015_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183331015_Daftar_Pustaka.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan dari modul pembelajaran pada mata pelajaran Praktik Instalasi Penerangan Listrik. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996) dengan prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE diantaranya meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek yang digunakan pada pengembangan ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Dwiwarna. Analisis data yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji Independent sample t-test. Pengujian pada tingkat efektivitas dilakukan dengan tujuan untuk mengukur perbedaan efektivitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan kriteria hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan : Tingkat Kelayakan dari pengembangan modul yang merujuk pada ahli modul sebesar 85% dengan kategori (Sangat Layak), kelayakan pada ahli materi sebesar 91% dengan kategori (Sangat Layak), dan penilaian kelayakan dari praktisi pembelajaran sebesar 93%. Hasil pengembangan modul uji coba memperoleh nilai sebesar 89% dengan kategori (Sangat Layak). Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen memperoleh skor 78 sedangkan pada kelas kontrol dengan post-test memperoleh skor sebesar 62,5. Perbedaan skor yang dihasilkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki peningkatan skor sebesar 15,5. Hasil uji-t dari rata-rata post-test diperoleh thitung > ttabel (4,721 > 2,024), serta nilai signifikansi P < α 0,05
sebesar (0,000031 < α 0,05) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa modul pembelajaran pada kelas eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik kelas XI TITL SMK Dwiwarna Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pengembangan; modul; efektivitas
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:46
Last Modified: 25 Apr 2024 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55607

Actions (login required)

View Item
View Item