Situmorang, Yohana (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Praktik Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI TITL. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183331015_Cover.pdf
Download (69kB)
5183331015_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (292kB)
5183331015_Kata_Pengantar.pdf
Download (215kB)
5183331015_Abstrak.pdf
Download (124kB)
5183331015_Daftar_Isi.pdf
Download (91kB)
5183331015_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
5183331015_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
5183331015_BAB_I.pdf
Download (280kB)
5183331015_BAB_V.pdf
Download (135kB)
5183331015_Daftar_Pustaka.pdf
Download (265kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan dari modul pembelajaran pada mata pelajaran Praktik Instalasi Penerangan Listrik. Metode penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Dick dan Carry (1996) dengan prosedur pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE diantaranya meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek yang digunakan pada pengembangan ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Dwiwarna. Analisis data yang dilakukan dengan analisis deskriptif dan uji Independent sample t-test. Pengujian pada tingkat efektivitas dilakukan dengan tujuan untuk mengukur perbedaan efektivitas antara kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan kriteria hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan : Tingkat Kelayakan dari pengembangan modul yang merujuk pada ahli modul sebesar 85% dengan kategori (Sangat Layak), kelayakan pada ahli materi sebesar 91% dengan kategori (Sangat Layak), dan penilaian kelayakan dari praktisi pembelajaran sebesar 93%. Hasil pengembangan modul uji coba memperoleh nilai sebesar 89% dengan kategori (Sangat Layak). Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen memperoleh skor 78 sedangkan pada kelas kontrol dengan post-test memperoleh skor sebesar 62,5. Perbedaan skor yang dihasilkan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki peningkatan skor sebesar 15,5. Hasil uji-t dari rata-rata post-test diperoleh thitung > ttabel (4,721 > 2,024), serta nilai signifikansi P < α 0,05
sebesar (0,000031 < α 0,05) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa modul pembelajaran pada kelas eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik kelas XI TITL SMK Dwiwarna Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan; modul; efektivitas |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4125 Electric lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:46 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55607 |