Hasibuan, Annisa Wahyuni (2023) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192411017_Cover.pdf
Download (219kB)
4192411017_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (811kB)
4192411017_Abstrak.pdf
Download (1MB)
4192411017_Kata_Pengantar.pdf
Download (228kB)
4192411017_Daftar_Isi.pdf
Download (195kB)
4192411017_Daftar_Gambar.pdf
Download (119kB)
4192411017_Daftar_Tabel.pdf
Download (154kB)
4192411017_Daftar_Lampiran.pdf
Download (178kB)
4192411017_BAB_I.pdf
Download (287kB)
4192411017_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
4192411017_BAB_V.pdf
Download (154kB)
4192411017_Daftar_Pustaka.pdf
Download (241kB)
4192411017_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penyajian kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi juga dapat menimbulkan kejenuhan peserta didik terhadap materi dan kegiatan belajar. Interaksi pendidik dan peserta didik dalam menangkap materi pelajaran, dalam arti pendidik lebih mendominasi proses pembelajaran dan peserta didik lebih banyak diam dan memperhatikan saja. Beberapa pendidik belum mengembangkan pendekatan pembelajaran yang mengikut sertakan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan peserta didik pasif, kurang berkonsentrasi, dan kurang bekerja sama dengan peserta didik yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen dan jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan Teknik angket dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan yang terdiri dari delapan kelas. Sampel penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen, kelas yang diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas kontrol,kelas yang menggunakan model konvensional dan sampel yang diambil pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan butir angket yang diberikan kepada peserta didik.Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data posttest kelas eksperimen dengan taraf signifikan 0,05 didapat =0,000, karena �ℎ���� = 6,110 > ttabel = 1,672 berarti pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemandirian belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Pendidikan matematika; Kemandian belajar; Materi kegiatan |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:04 |
| Last Modified: | 21 Oct 2025 04:45 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55587 |
