PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN

Hasibuan, Annisa Wahyuni (2023) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192411017_Cover.pdf] Text
4192411017_Cover.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 4192411017_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192411017_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (811kB)
[thumbnail of 4192411017_Abstrak.pdf] Text
4192411017_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192411017_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192411017_Kata_Pengantar.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4192411017_Daftar_Isi.pdf] Text
4192411017_Daftar_Isi.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4192411017_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192411017_Daftar_Gambar.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4192411017_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192411017_Daftar_Tabel.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4192411017_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192411017_Daftar_Lampiran.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 4192411017_BAB_I.pdf] Text
4192411017_BAB_I.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 4192411017_BAB_V.pdf] Text
4192411017_BAB_V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4192411017_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192411017_Daftar_Pustaka.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penyajian kegiatan pembelajaran yang kurang bervariasi juga dapat menimbulkan
kejenuhan peserta didik terhadap materi dan kegiatan belajar. Interaksi pendidik
dan peserta didik dalam menangkap materi pelajaran, dalam arti pendidik lebih
mendominasi proses pembelajaran dan peserta didik lebih banyak diam dan
memperhatikan saja. Beberapa pendidik belum mengembangkan pendekatan
pembelajaran yang mengikut sertakan peserta didik secara aktif dalam proses
pembelajaran. Hal ini mengakibatkan peserta didik pasif, kurang berkonsentrasi,
dan kurang bekerja sama dengan peserta didik yang lain. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)
Terhadap Kemandirian Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 5
Percut Sei Tuan. Penelitian ini bersifat quasi eksperimen dan jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik
angket dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas
VII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan yang terdiri dari delapan kelas. Sampel
penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen, kelas yang
diterapkan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dan kelas kontrol,
kelas yang menggunakan model konvensional dan sampel yang diambil pada
penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan butir angket yang diberikan kepada peserta didik.
Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil
analisis data posttest kelas eksperimen dengan taraf signifikan 0,05 didapat =
0,000, karena �ℎ���� = 6,110 > ttabel = 1,672 berarti pendekatan Realistic
Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemandirian belajar
matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan matematika; Kemandian belajar; Materi kegiatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:04
Last Modified: 25 Apr 2024 07:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55587

Actions (login required)

View Item
View Item