Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Sanitasi dan Hygiene Pada Siswa Kelas X SMK Imelda Medan

Umaiyah, Siti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Sanitasi dan Hygiene Pada Siswa Kelas X SMK Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5163344013_Cover.pdf] Text
5163344013_Cover.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 5163344013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5163344013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of 5163344013_Kata_Pengantar.pdf] Text
5163344013_Kata_Pengantar.pdf

Download (604kB)
[thumbnail of 5163344013_Abstrak.pdf] Text
5163344013_Abstrak.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 5163344013_Daftar_Isi.pdf] Text
5163344013_Daftar_Isi.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 5163344013_Daftar_Tabel.pdf] Text
5163344013_Daftar_Tabel.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 5163344013_Daftar_Gambar.pdf] Text
5163344013_Daftar_Gambar.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 5163344013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5163344013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 5163344013_BAB_I.pdf] Text
5163344013_BAB_I.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of 5163344013_BAB_V.pdf] Text
5163344013_BAB_V.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 5163344013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5163344013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (499kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada kompetensi melakukan sanitasi pada peralatan dan ruang kerja perawatan wajah elektrik melalui penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Imelda Medan Pada semester genap Tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek siswa kelas X Tata Kecantikan yang berjumlah 22 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data
dalam penlitian ini menggunakan observasi dan tes berupa 30 butir soal. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu hanya 57,86% siswa yang memiliki keaktivan saat proses pembelajaran berlangsung. Terjadi kenaikan pada siklus II sebanyak 88% siswa yang menunjukan keaktifannya. Sedangkan hasil
belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 10 siswa yang tuntas dengan kuantitas kelas (45,45%) sedangkan pada siklus II terdapat 18 siswa yang tuntas dengan kuantitas kelas (81,81%). Sebagai indicator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥75. Dari perolehan hasil belajar dan lembar observasi aktifitas siswa, dapat disimpulkan
bahwah Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan hasil belajar sanitasi dan higiene siswa kelas X SMK Imelda Medan Tahun ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Direct Intuction; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 25 Apr 2024 06:59
Last Modified: 25 Apr 2024 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55585

Actions (login required)

View Item
View Item