Saputri, Rizka Kusumadewi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK SWASTA PAB 6 MEDAN ESTATE. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183151028_Cover.pdf
Download (697kB)
5183151028_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5183151028_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
5183151028_Abstrak.pdf
Download (1MB)
5183151028_Daftar_Isi.pdf
Download (1MB)
5183151028_Daftar_Tabel.pdf
Download (691kB)
5183151028_Daftar_Gambar.pdf
Download (687kB)
5183151028_Daftar_Lampiran.pdf
Download (689kB)
5183151028_BAB_I.pdf
Download (350kB)
5183151028_BAB_V.pdf
Download (190kB)
5183151028_Daftar_Pustaka.pdf
Download (136kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan tingkat kelayakan dan tingkat efektivitas media pembelajaran berbasis Scientific Approach pada mata pelajaran Simulasi Digital. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 6 Medan Estate, kelas X TKRO dan TBSM dengan jumlah subjek penelitian 40 orang. Uji kelayakan produk dilakukan dengan menggunakan instrumen angket yang diberikan kepada 2 ahli materi, 2 ahli media, serta 20 pengguna. Sedangkan uji
efektivitas dilakukan dengan melihat perbandingan nilai antara hasil belajar Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Scientific Approach pada mata pelajaran Simulasi Digital yang dirancang memiliki tingkat kelayakan “Sangat Layak”, dengan nilai rata-rata domain materi 4,61 (Sangat Layak) dan nilai rata-rata domain media 4,38 (Sangat
Layak), serta mendapat nilai rata-rata 4,60 (Akseptansi Tinggi) pada tingkat akseptansi atau domain pengguna. Uji efektivitas produk dilakukan dengan uji eksperimen. Hasil uji eksperimen pada Kelas Eksperimen dari 20 siswa mendapat nilai rata-rata 87,25 dan hasil eksperimen pada Kelas Kontrol dari 20 siswa mendapat nilai rata-rata 62,25. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai �ℎ����� > ����� yaitu 12,18
> 1,729, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar Kelas eksperimen lebih tinggi dengan media pembelajaran interaktif berbasis scientific approach dibandingkan Kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Scientific Approach; Simulasi Digital |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:51 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55546 |