Simbolon, Angelina (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMANFAATAN E-RESOURCES PADA MATA KULIAH BIOTEKNOLOGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193341055_Cover.pdf
Download (47kB)
4193341055_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (503kB)
4193341055_Abstrak.pdf
Download (94kB)
4193341055_Kata_Pengantar.pdf
Download (166kB)
4193341055_Daftar_Isi.pdf
Download (190kB)
4193341055_Daftar_Gambar.pdf
Download (65kB)
4193341055_Daftar_Tabel.pdf
Download (65kB)
4193341055_Daftar_Lampiran.pdf
Download (67kB)
4193341055_BAB_I.pdf
Download (379kB)
4193341055_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (608kB)
4193341055_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (453kB)
4193341055_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (607kB)
4193341055_BAB_V.pdf
Download (94kB)
4193341055_Daftar_Pustaka.pdf
Download (305kB)
4193341055_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi digital dalam pemanfaatan e-resources pada mata kuliah bioteknologi. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kuantitatif deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2020 yang terdiri dari 5 kelas, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 106 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan wawancara. Hasil analisis data yang diperoleh pada kemampuan literasi digital dalam pemanfaatan e�resources oleh mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2020 yang paling tinggi adalah indikator kemampuan menggunakan pandu arah hypertext (hypertext navigation) dengan perolehan skor rata-rata sebesar 83,05, pada indikator kemampuan melakukan pencarian di internet (internet searching) dengan perolehan skor rata-rata sebesar 75,94, pada indikator kemampuan menyusun pengetahuan (knowledge assembly) dengan nilai persentase sebesar 73,3 dan kategori kemampuan literasi digital dalam pemanfaatan e-resources yang paling rendah ada pada indikator evaluasi konten (content evaluation) dengan perolehan skor rata-rata sebesar 68,01. Kemampuan literasi digital dalam pemanfaatan e-resources oleh mahasiswa program studi pendidikan biologi angkatan 2020 didapatkan rata-ratanya sebesar 75,82 dapat dikategorikan kemampuan literasi digital mahasiswa baik.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | Kemampuan literasi digital; literasi digita; bioteknologi |
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
| Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:25 |
| Last Modified: | 24 Oct 2025 08:34 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55537 |
