PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRABERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMAN 4 BINJAI

Sitorus, Angela Farida P (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRABERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS X SMAN 4 BINJAI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111068_Cover.pdf] Text
4193111068_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4193111068_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111068_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of 4193111068_Abstrak.pdf] Text
4193111068_Abstrak.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 4193111068_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111068_Daftar_Isi.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 4193111068_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111068_Daftar_Gambar.pdf

Download (379kB)
[thumbnail of 4193111068_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111068_Daftar_Tabel.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4193111068_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111068_Daftar_Lampiran.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4193111068_BAB_I.pdf] Text
4193111068_BAB_I.pdf

Download (616kB)
[thumbnail of 4193111068_BAB_V.pdf] Text
4193111068_BAB_V.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of 4193111068_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111068_Daftar_Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
GeoGebra pada materi pembelajaran trigonometri. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analysis (analisis), design (desain), development(pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Sampel terdiri dari 36 orang siswa kelas X MIPA 1 SMAN 4 Binjai. Teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu studi literature, observasiwawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran GeoGebra pada materi pembelajaran trigonometri yang dikembangkan layak
untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan
hasil validasi ahli materi yaitu sebesar 4,36 dan hasil validasi ahli media sebesar
4,43 dengan kriteria “valid”. Selain itu, diperoleh persentase 86,79% oleh praktisi
pembelajaran dengan kriteria “sangat praktis”. Untuk keefektifan dilihat dari
ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 91,67% dan persentase angket respon siswa
terhadap media yaitu 98% dengan kategori “sangat efektif”. Dengan demikian,
dapat dikatakan bahwa media pembelajaran GeoGebra pada materi pembelajaran
trigonometri yang dikembangkan dinyatakan memenuhi kriteri kevalidan,
kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran; Trigonometri; Pengembangan pembelajarn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:04
Last Modified: 25 Apr 2024 03:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55531

Actions (login required)

View Item
View Item