Manik, Ridho Defvan Daniel (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achivement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Konstruksi Gedung dan Sanitasi Siswa Kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193311004_Cover.pdf
Download (96kB)
5193311004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (368kB)
5193311004_Kata_Pengantar.pdf
Download (205kB)
5193311004_Abstrak.pdf
Download (117kB)
5193311004_Daftar_Isi.pdf
Download (168kB)
5193311004_Daftar_Tabel.pdf
Download (87kB)
5193311004_Daftar_Gambar.pdf
Download (85kB)
5193311004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (113kB)
5193311004_BAB_I.pdf
Download (424kB)
5193311004_BAB_V.pdf
Download (177kB)
5193311004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (183kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Konstruksi Gedung dan Sanitasi Siswa Kelas XI Program Kehalian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan
nilai ulangan harian Konstruksi Gedung dan Sanitasi siswa kelas XI DPIB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam masih banyak siswa yang nilainya tidak mencapai standar KKM sehingga peneliti melakukan penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Direct Learning dengan model Student Team Achievement Division. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 24 butir soal yang sudah diuji validitas tes tersebut dan dinyatakan valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar Konstruksi Gedung dan
Sanitasi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Direct Learning. Hal ini dapat dilihat dari data hasil
penelitian dari data hasil penelitian rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Division 82% sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Direct Learning 69,8%. Pengaruh hasil belajar model pembelajaran Student Team Achievement Division dibuktikan dengan analisis statistik uji-t satu pihak yang menunjukkan thitung 4,120
> ttabel 1,671. Pada model pembelajaran Student Team Achievement Division siswa lebih senang belajar karena dengan model tersebut siswa bekerja secara berkelompok dan saling komunikasi antar siswa sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Pembelajaran dengan model Direct Learning menyebabkan siswa cenderung bersikap pasif yaitu hanya dapat menerima pelajaran yang diajarkan oleh guru saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Student Team Achievement Division; Direct Learning; Hasil Belajar; Konstruksi Gedung dan Sanitasi; SMK Negeri 1 Lubuk Pakam |
Subjects: | T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH1000 Systems of building construction Including fireproof construction, concrete construction T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:00 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55528 |