Balqis, Nur A’in (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Terhadap Hasil Praktek Dessert SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5182142003_Cover.pdf
Download (146kB)
5182142003_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (166kB)
5182142003_Kata_Pengantar.pdf
Download (204kB)
5182142003_Abstrak.pdf
Download (198kB)
5182142003_Daftar_Isi.pdf
Download (195kB)
5182142003_Daftar_Tabel.pdf
Download (144kB)
5182142003_Daftar_Lampiran.pdf
Download (145kB)
5182142003_BAB_I.pdf
Download (309kB)
5182142003_BAB_V.pdf
Download (183kB)
5182142003_Daftar_Pustaka.pdf
Download (174kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Hasil praktek siswa yang menggunakan media pembelajaran Adobe Flash CS6 pada materi dessert; (2). Hasil praktek siswa yang menggunakan media power point pada materi dessert; (3).
Pengaruh media pembelajaran Adobe Flash CS6 terhadap hasil praktek dessert. Tempat penelitian di kelas XI Tata Boga SMK Pariwisata Imelda Medan. Waktu penelitian Januari-Maret 2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI
Jasa Boga, dengan jumlah 72 siswa. Teknik pengambilan sampel secara random kelas, sehingga diperoleh kelas XI Boga sebagai kelas eksperimen dan XI Boga 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamat hasil
praktek. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa tingkat kecenderungan hasil praktek dessert dengan menggunakan media pembelajaran Adobe Flash CS6 termasuk
kategori cenderung Tinggi yaitu sebesar 100,00 dan tingkat kecenderungan hasil praktek dessert dengan menggunakan media pembelajaran Power Point termasuk kategori cenderung Cukup yaitu sebesar 88,89. Hasil uji normalitas dari kedua kelas
adalah berdistribusi normal. Pada kelas yang menggunakan media Adobe Flash CS6 dengan nilai (Xhitung < Xtabel) yaitu (10,62 < 11,07) dan kelas yang menggunakan Power Point dengan nilai (9,48 < 11,07). Uji homogenitas diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu (1,72 < 1,78), dengan taraf signifikan 5 persen berarti kedua variabel homogen.
Berdasarkan hasil uji t menunjunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media Adobe Flash CS6 terhadap hasil praktek dessert dengan nilai (thitung > ttabel) yaitu (57,03 > 1,66) pada taraf signifikan 5 persen. Artinya media pembelajaran Adobe Flash CS6 dapat mempengaruhi hasil praktek siswa pada pembuatan dessert.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; Adobe flash CS6; Powerpoint; Hasil praktek dessert |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 01:01 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 01:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55497 |