Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Penerapan Model Case Based Learning Pada Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 14 Medan

Ichsan, Muhammad (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan Penerapan Model Case Based Learning Pada Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193151010_Cover.pdf] Text
5193151010_Cover.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 5193151010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193151010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5193151010_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193151010_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5193151010_Abstrak.pdf] Text
5193151010_Abstrak.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 5193151010_Daftar_Isi.pdf] Text
5193151010_Daftar_Isi.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 5193151010_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193151010_Daftar_Tabel.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 5193151010_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193151010_Daftar_Gambar.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 5193151010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193151010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 5193151010_BAB_I.pdf] Text
5193151010_BAB_I.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of 5193151010_BAB_V.pdf] Text
5193151010_BAB_V.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 5193151010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193151010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan di lingkungan SMK Negeri 14 Medan, khususnya jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di kelas 11. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan pembelajaran yang ditemukan di kelas 11 pada mata pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan.
Permasalahan pembelajaran yang ditemukan adalah, masih minimnya motivasi pembelajaran oleh siswa serta rendahnya nilai pembelajaran yang diraih oleh siswa, rendahnya nilai tersebut berdampak langsung terhadap kemampuan pemahaman
oleh siswa. Alasan adanya permasalahan tersebut adalah, karena masih minimnya media pembelajaran yang digunakan serta metode pembelajaran yang cenderung membosankan oleh siswa. Oleh karena itu, dirancanglah sebuah media pembelajaran yang digunakan untuk sebagai suplemen tambahan dalam penggunaan media pembelajaran yang dirancang berbasis android agar bisa diakses kapan saja serta dimana saja, sehingga diharapkan dapat membuat siswa lebih memahami pembelajaran serta meningkatkan nilai pembelajaran siswa. Pada pengembangan dan penelitian ini digunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluaton) yang dikolaborasikan dengan
model pengembangan produk Rapid Application Development (RAD) pada bagian Implementation. Setelah media selesai, dilakukan uji kelayakan oleh 2 ahli media serta 2 ahli materi dengan diiringi akseptansi siswa. Hasilnya, ketiga pengujian ini mendapatkan nilai pada rentang 4.17-5.00 yang dimana memenuhi kriteria Sangat Layak. Terakhir, untuk menguji seberapa efektivitas penggunaan media pembelajaran ini, digunakan uji efektivitas berupa uji n-gain pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil uji n-gain sendiri menunjukkan 0.03 atau 3% pada kelas kontrol dan untuk kelas eksperimen sendiri menunjukkan angka sebesar 0.29 atau 29%, dimana ini menunjukkan bahwa dengan perbedaan yang cukup signifikan, maka kelas eksperimen yang mengalami perlakuan tindakan memiliki pengaruh positif yang lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang tanpa dilakukan tindakan apapun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Case Based Learning; Android
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:59
Last Modified: 24 Apr 2024 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55474

Actions (login required)

View Item
View Item