Saputra, Muhammad Wahyu (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Mata Kuliah Desain Gambar dengan Komputer pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5161111034_Cover.pdf
Download (99kB)
5161111034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (352kB)
5161111034_Kata_Pengantar.pdf
Download (158kB)
5161111034_Abstrak.pdf
Download (64kB)
5161111034_Daftar_Isi.pdf
Download (146kB)
5161111034_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
5161111034_Daftar_Gambar.pdf
Download (99kB)
5161111034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (32kB)
5161111034_BAB_I.pdf
Download (398kB)
5161111034_BAB_V.pdf
Download (62kB)
5161111034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (65kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil dari instrumen kebutuhan mahasiswa. Dari instrumen kebutuhan tersebut diketahui bahwa media pembelajaran berbasis video sangat dibutuhkan mahasiswa dalam pembelajaran mandiri. Tujuan dari penelitian ini untuk memvalidasi media pembelajaran berbasis video yang dikembangkan sebelum dijadikan bahan referensi pembelajaran mandiri pada mata kuliah desain gambar dengan komputer. Penelitian ini menerapkan model pengembangan four-D (4D) Thiagarajan, yang
terdiri dari tahapan define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahapan define (pendefinisian) terdiri dari kegiatan pemilihan media, pemilihan materi, dan penyusunan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Tahapan design (perencanaan) terdiri dari kegiatan penyusunan materi, penyusunan naskah, pembuatan storyboard, serta penyusunan instrumen validasi para ahli dan uji praktikalitas pengguna
(mahasiswa). Tahapan develop (pengembangan) terdiri dari kegiatan pembuatan media pembelajaran berbasis video, validasi oleh ahli materi dan ahli media, evaluasi media pembelajaran berbasis video, serta uji praktikalitas pengguna (mahasiswa). Dan tahapan disseminate (penyebaran) terdiri dari penyebaran media pembelajaran video kepada dosen pengampu mata kuliah desain gambar dengan komputer dan penyebaran di platform YouTube. Perolehan penilaian untuk media pembelajaran video proses gambar denah oleh ahli
materi memperoleh nilai 4,70 dikategorikan sangat layak, ahli media memperoleh nilai 4,10 dikategorikan layak, dan untuk perolehan persentase kepraktisan 91,3 % dikategorikan sangat praktis. Sedangkan perolehan penilaian untuk media video proses gambar tampak oleh ahli materi memperoleh nilai 4,75 dikategorikan sangat layak, ahli media memperoleh nilai 4,05 dikategorikan layak, dan untuk perolehan persentase kepraktisan 91,6 % juga dikategorikan sangat praktis. Sehingga media pembelajaran berbasis video untuk materi proses gambar denah dan materi proses gambar tampak menurut para ahli dinyatakan layak digunakan, serta dikategorikan
sangat praktis digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; software AutoCAD; software Camtasia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > T Technology (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 06:54 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 06:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55473 |