Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Mata Kuliah Desain Gambar dengan Komputer pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan

Saputra, Muhammad Wahyu (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Mata Kuliah Desain Gambar dengan Komputer pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5161111034_Cover.pdf] Text
5161111034_Cover.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 5161111034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5161111034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of 5161111034_Kata_Pengantar.pdf] Text
5161111034_Kata_Pengantar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 5161111034_Abstrak.pdf] Text
5161111034_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 5161111034_Daftar_Isi.pdf] Text
5161111034_Daftar_Isi.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 5161111034_Daftar_Tabel.pdf] Text
5161111034_Daftar_Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 5161111034_Daftar_Gambar.pdf] Text
5161111034_Daftar_Gambar.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 5161111034_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5161111034_Daftar_Lampiran.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 5161111034_BAB_I.pdf] Text
5161111034_BAB_I.pdf

Download (398kB)
[thumbnail of 5161111034_BAB_V.pdf] Text
5161111034_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 5161111034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5161111034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (65kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berdasarkan hasil dari instrumen kebutuhan mahasiswa. Dari instrumen kebutuhan tersebut diketahui bahwa media pembelajaran berbasis video sangat dibutuhkan mahasiswa dalam pembelajaran mandiri. Tujuan dari penelitian ini untuk memvalidasi media pembelajaran berbasis video yang dikembangkan sebelum dijadikan bahan referensi pembelajaran mandiri pada mata kuliah desain gambar dengan komputer. Penelitian ini menerapkan model pengembangan four-D (4D) Thiagarajan, yang
terdiri dari tahapan define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahapan define (pendefinisian) terdiri dari kegiatan pemilihan media, pemilihan materi, dan penyusunan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK). Tahapan design (perencanaan) terdiri dari kegiatan penyusunan materi, penyusunan naskah, pembuatan storyboard, serta penyusunan instrumen validasi para ahli dan uji praktikalitas pengguna
(mahasiswa). Tahapan develop (pengembangan) terdiri dari kegiatan pembuatan media pembelajaran berbasis video, validasi oleh ahli materi dan ahli media, evaluasi media pembelajaran berbasis video, serta uji praktikalitas pengguna (mahasiswa). Dan tahapan disseminate (penyebaran) terdiri dari penyebaran media pembelajaran video kepada dosen pengampu mata kuliah desain gambar dengan komputer dan penyebaran di platform YouTube. Perolehan penilaian untuk media pembelajaran video proses gambar denah oleh ahli
materi memperoleh nilai 4,70 dikategorikan sangat layak, ahli media memperoleh nilai 4,10 dikategorikan layak, dan untuk perolehan persentase kepraktisan 91,3 % dikategorikan sangat praktis. Sedangkan perolehan penilaian untuk media video proses gambar tampak oleh ahli materi memperoleh nilai 4,75 dikategorikan sangat layak, ahli media memperoleh nilai 4,05 dikategorikan layak, dan untuk perolehan persentase kepraktisan 91,6 % juga dikategorikan sangat praktis. Sehingga media pembelajaran berbasis video untuk materi proses gambar denah dan materi proses gambar tampak menurut para ahli dinyatakan layak digunakan, serta dikategorikan
sangat praktis digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran; software AutoCAD; software Camtasia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:54
Last Modified: 24 Apr 2024 06:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55473

Actions (login required)

View Item
View Item