PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

Hasibuan, Alwan Syarif (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192421020_Cover.pdf] Text
4192421020_Cover.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4192421020_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192421020_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4192421020_Abstrak.pdf] Text
4192421020_Abstrak.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 4192421020_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192421020_Kata_Pengantar.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of 4192421020_Daftar_Isi.pdf] Text
4192421020_Daftar_Isi.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 4192421020_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192421020_Daftar_Gambar.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 4192421020_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192421020_Daftar_Tabel.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of 4192421020_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192421020_Daftar_Lampiran.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 4192421020_BAB_I.pdf] Text
4192421020_BAB_I.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 4192421020_BAB_V.pdf] Text
4192421020_BAB_V.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of 4192421020_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192421020_Daftar_Pustaka.pdf

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning
dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada
materi momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment
dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasinya adalah
seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan yang berjumlah 12 kelas. Sampel penelitian
terdiri dari dua kelas yang diambil menggunakan simple random sampling yaitu
kelas X MIA 6 menggunakan model Discovery Learning dengan strategi
pembelajaran berdiferensiasi dan kelas X MIA 3 menggunakan pembelajaran
konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 15
soal yang telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya
beda soal serta instrumen observasi aktivitas belajar siswa. Analisis data
dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa data rata-rata pretest
kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 23,4 dan 25,81. Data rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 59,16 dan 41,95. Aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan pada setiap pertemuan sebesar 74% (cukup aktif) pada pertemuan pertama, pertemuan kedua sebesar 80% (aktif) dan pertemuan ketiga sebesar 84% (aktif) dengan rata-rata sebesar 79% dengan kategori aktif. Analisis data menggunakan uji t menunjukkan bahwa ada pengaruh model Discovery Learning dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi pembelajaran; Hasil belajar; intrumen kontrol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:59
Last Modified: 24 Apr 2024 06:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55471

Actions (login required)

View Item
View Item