Tasya, Dewi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2191111002 COVER.pdf
Download (69kB)
2. NIM.2191111002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2191111002 ABSTRACT.pdf
Download (60kB)
4. NIM.2191111002 PREFACE.pdf
Download (354kB)
5. NIM.2191111002 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (89kB)
6. NIM.2191111002 LIST OF TABLE.pdf
Download (58kB)
7. NIM.2191111002 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (211kB)
8. NIM.2191111002 CHAPTER I.pdf
Download (287kB)
12. NIM.2191111002 CHAPTER V.pdf
Download (86kB)
13. NIM.2191111002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (202kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 245 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan desain two group post-test design, dengan instrumen penelitian berupa penugasan membuat teks persuasi. Nilai rata-rata kelas kontrol 70,23, sedangkan untuk kelas eksperimen adalah 80,23. Dengan demikian, dapat
dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks persuasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa hasil data berdistribusi normal. Setelah dilakukan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data variabel Y adalah (0,0931 < 0,161), dan hasil uji normalitas data variabel X adalah (0,1171 < 0,161). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks persuasi adalah Fhitung < Ftabel yakni 1,295 < 4,210 dan uji hipotesis ttabel < thitung yaitu ( 2.00172 < 7,93922) sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model example non examples memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model
konvensional terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | menulis, teks persuasi, model example non examples |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:06 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55433 |