Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan

Tasya, Dewi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Examples Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2191111002 COVER.pdf] Text
1. NIM.2191111002 COVER.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 2. NIM.2191111002 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2191111002 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM.2191111002 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2191111002 ABSTRACT.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4. NIM.2191111002 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2191111002 PREFACE.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of 5. NIM.2191111002 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2191111002 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 6. NIM.2191111002 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2191111002 LIST OF TABLE.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 7. NIM.2191111002 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2191111002 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8. NIM.2191111002 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2191111002 CHAPTER I.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 12. NIM.2191111002 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2191111002 CHAPTER V.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 13. NIM.2191111002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2191111002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (202kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran example non examples terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 245 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 60 orang, 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode eksperimen dengan desain two group post-test design, dengan instrumen penelitian berupa penugasan membuat teks persuasi. Nilai rata-rata kelas kontrol 70,23, sedangkan untuk kelas eksperimen adalah 80,23. Dengan demikian, dapat
dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks persuasi kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh bahwa hasil data berdistribusi normal. Setelah dilakukan uji normalitas Lhitung < Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data variabel Y adalah (0,0931 < 0,161), dan hasil uji normalitas data variabel X adalah (0,1171 < 0,161). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks persuasi adalah Fhitung < Ftabel yakni 1,295 < 4,210 dan uji hipotesis ttabel < thitung yaitu ( 2.00172 < 7,93922) sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model example non examples memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model
konvensional terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: menulis, teks persuasi, model example non examples
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:06
Last Modified: 24 Apr 2024 04:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55433

Actions (login required)

View Item
View Item