Simanungkalit, Lidia Tiatira (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Lectora inspire Terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Praktik Pastry SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183342018_Cover.pdf
Download (44kB)
5183342018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (526kB)
5183342018_Kata_Pengantar.pdf
Download (406kB)
5183342018_Abstrak.pdf
Download (149kB)
5183342018_Daftar_Isi.pdf
Download (64kB)
5183342018_Daftar_Tabel.pdf
Download (67kB)
5183342018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (35kB)
5183342018_BAB_I.pdf
Download (253kB)
5183342018_BAB_V.pdf
Download (95kB)
5183342018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (156kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Hasil praktik siswa yang menggunakan media Lectora Inspire pada pelajaran pastry; 2) Hasil praktek siswa yang menggunakan media Power Point pada pelajaran pastry; 3) Keaktifan siswa yang menggunakan media Lectora Inspire; 4) Keaktifan siswa yang menggunakan Power Point; 5) Pengaruh media pembelajaran Lectora Inspire terhadap keaktifan siswa; 6) Pengaruh media pembelajaran Lectora Inspire terhadap hasil praktek pastry; 7) Pengaruh media pembelajaran Lectora Inspire terhadap keaktifan siswa dan hasil praktik pastry.Metode penelitian yang dingunakan adalah quasi experiment. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Pariwisata Imelda Medan. Waktu penelitian November 2022-Januari 2023. Sampel penelitian 60 orang siswa, Teknik pengampilan sampel secara random kelas yaitu kelas XI Jasa Boga 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Jasa Boga 2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis
data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homongenitas, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji manova menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini, Hasil praktik siswa dengan media Lectora Inspire pada mata pelajaran pastry termasuk cenderung Tinggi sebesar 100 persen. Hasil praktik siswa yang menggunakan media power point termasuk katagori cenderung Cukup sebesar 73,33 persen. Keaktifan siswa yang menggunakan media Lectora Inspire termasuk katagori cenderung tinggi sebesar 90 persen. Keaktifan siswa yang menggunakan media Power Point termasuk katagori Cukup sebesar 93,33 persen. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan
media Lectora Inspire terhadap hasil praktik pastry analisis uji t diperoleh thitung > (45,12>1,671). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media Lectora Inspire terhadap keaktifan siswa dengan nilai thitung >
ttabel (40,74>1,671). Terdapat perbedaan hasil praktik yang signifikan, antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dengan nilai Sig. = 0.000 < 0.05. Kemudian dilanjut dengan nilai Fhitung = 146,669 > Ftabel = 3,31. Kemudian terdapat
perbedaan keaktifan belajar yang signifikan dengan nilai Sig. = 0.000 < 0.05 kemudian dilanjut dengan perhitungan nilai Fhitung = 163,737 > Ftabel = 3,31. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media Lectora Inspire terhadap hasil keaktifan belajar pastry dan hasil praktik pastry. Artinya media Lectora Inspire dapat mempengaruhi keaktifan
belajar pastry dan hasil praktik pastry.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media pembelajaran; Lectora inspire; Power point; Keaktifan siswa |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:08 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55407 |