Simanjuntak, Lasmaria Roni Dame (2023) Hubungan Literasi Bidang Boga dan Motivasi Siswa dengan Hasil Praktek Pengolahan Panada. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193342002_Cover.pdf
Download (849kB)
5193342002_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5193342002_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
5193342002_Abstrak.pdf
Download (983kB)
5193342002_Daftar_Isi.pdf
Download (867kB)
5193342002_Daftar_Tabel.pdf
Download (839kB)
5193342002_Daftar_Lampiran.pdf
Download (882kB)
5193342002_BAB_I.pdf
Download (1MB)
5193342002_BAB_V.pdf
Download (929kB)
5193342002_Daftar_Pustaka.pdf
Download (991kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Literasi Bidang Boga; (2) Motivasi Belajar siswa; (3) Hasil Praktek Panada; (4) Hubungan Literasi Bidang Boga dengan Hasil Praktek Panada; (5) Hubungan Motivasi Belajar siswa dengan Hasil Praktek Panada; (6) Hubungan Literasi Bidang Boga dan Motivasi Belajar siswa dengan Hasil Praktek Panada. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Gelora Jaya Nusantara Medan, waktu penelitian Juni-Agustus 2023. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI Jasa Boga. Teknik penentuan sampel secara purposive sampling sehingga jumlah sampel 34 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk
literasi bidang boga dan motivasi belajar untuk hasil praktek panada melalui penilaian hasil praktek. Teknik analisis data secara deskripsi data, dan uji persyaratan analisis, dengan uji normalitas, dan uji linearitas, serta uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan literasi bidang boga dan motivasi belajar termasuk kategori cenderung tinggi dengan nilai masing masing sebesar 64,71 persen dan 52,94 persen. Hasil praktek panada termasuk kategori cenderung cukup sebesar 58,82 persen. Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi bidang boga dengan hasil praktek panada dengan nilai korelasi parsial ��. �1 �2 = 0,50 dan nilai koefiisien korelasi parsial thitung > ttabel (3,27 > 2,03) pada taraf signifikan 5 persen. Terdapat hubungan yang
positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil praktek panada dengan nilai korelasi parsial ��. �2 �1 = 0,44 dan nilai koefiisien korelasi parsial thitung > ttabel (2,74 > 2,03) pada taraf signifikan 5 persen. Hasil analisis korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara literasi bidang boga dan motivasi belajar
dengan hasil praktek panada dengan nilai korelasi ganda Ry.�1�2 = 0,77 dan nilai koefisien korelasi ganda Fhitung > Ftabel (21,94 > 3,30) pada taraf signifikan 5 persen.
Artinya semakin tinggi literasi bidang boga dan motivasi belajar siswa maka semakin tinggi hasil praktek panada.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Literasi bidang boga; Motivasi belajar; Hasil praktek olahan panada |
Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:54 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55400 |