Lubis, Khotipah Adelia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 13 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5191151012_Cover.pdf
Download (61kB)
5191151012_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (411kB)
5191151012_Kata_Pengantar.pdf
Download (183kB)
5191151012_Abstrak.pdf
Download (178kB)
5191151012_Daftar_Isi.pdf
Download (689kB)
5191151012_Daftar_Tabel.pdf
Download (252kB)
5191151012_Daftar_Gambar.pdf
Download (251kB)
5191151012_Daftar_Lampiran.pdf
Download (252kB)
5191151012_BAB_I.pdf
Download (908kB)
5191151012_BAB_V.pdf
Download (87kB)
5191151012_Daftar_Pustaka.pdf
Download (313kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata pelajaran dasar-dasar desain komunikasi visual dan mengetahui kelayakan serta keefektifan dari penggunaan media. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 13 Medan karena terdapat masalah pada proses pembelajaran. Terbatasnya sumber belajar dan fasilitas yang mendukung pembelajaran menjadi penghambat terlaksanannya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, dikembangkan media
pembelajaran yang dapat menjadi sumber belajar dan memfasilitasi proses pembelajaran lebih efektif. Prosedur penelitian menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dan untuk pengembangan produk media dilakukan
menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle).
Pada penelitian ini, dilakukan uji kelayakan oleh 2 validator ahli media, 2 validator ahli materi, dan akseptansi siswa. Hasil dari uji kelayakan oleh 2 ahli
media, 2 ahli materi dan akseptansi siswa berada pada rentang mean skor 4,17-5,00 yaitu “Sangat Layak”. Maka, media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak
digunakan. Selain uji kelayakan, uji efektivitas juga dilakukan dengan menggunakan pola pretest-posttest control group design. Media diuji coba kepada 17 orang siswa di kelas X Desain Grafika (kelompok eksperimen). Berdasarkan uji efektivitas menggunakan uji independent sample T-test diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka disimpulkan bahwa ada perbedaan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan media, yang menyatakan bahwa H1 diterima.
Kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi (90) dibandingkan dengan kelompok kontrol (70,29). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pada proses pembelajaran dinyatakan sangat layak dan efektif
untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Android; 4D |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:49 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 02:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55397 |