Muslim, Khairul (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF LECTORA INSPIRE MATA PELAJARAN KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
5182111004_Cover.pdf
Download (471kB)
5182111004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (143kB)
5182111004_Kata_Pengantar.pdf
Download (954kB)
5182111004_Abstrak.pdf
Download (432kB)
5182111004_Daftar_Isi.pdf
Download (519kB)
5182111004_Daftar_Tabel.pdf
Download (262kB)
5182111004_Daftar_Gambar.pdf
Download (203kB)
5182111004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (201kB)
5182111004_BAB_I.pdf
Download (915kB)
5182111004_BAB_V.pdf
Download (654kB)
5182111004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (526kB)
Abstract
Lectora inspire merupakan software yang dirancang sebagai media presentasi dan membuat program media pembelajaran. Hampir seperti power point akan tetapi lectore inspire lebih memiliki software dukungan yang lebih lengkap, antara lain adalah flypaper, camtasia, dan snagit. Banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh lectora inspire sehingga memungkinkan guru membuat media pembelajaran yang menarik dan mudah digunakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Menurut Borg and Gall (1983: 772) Educational
Research and Development (R&D) adalah proses yang digunakan untuk mengembangkan dan memvalidasikan produk pendidikan. Sugiyono (2015:407) mengemukakan metode penelitian dan pengembangan Reaserch and Development merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kefektifan dari produk tersebutDalam penelitian ini model yang digunakan adalah model 4D, yang tersusun secara terprogram dengan kegiatan yang sistematis dalam upaya pemecahan masalah belajar yang berkenaan dengan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Namun, dikarenakan tujuan pengembangan produk pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Lectora Inspire pada materi konstruksi jembatan yang valid dan layakHasil penelitian kelayakan media Pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan menggunakan Lectora Inspire berdasarkan hasil rata rata hasil validasi yaitu: (1) Hasil validasi oleh ahli materi dengan interpretasi ”sangat layak” memiliki skor 4,5 (2) Hasil validasi oleh ahli media dengan interpretasi “layak”
memiliki skor 3,57. Maka media pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan dengan menggunakan Lectora Inspire layak digunakan para siswa kelas XI-A Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran; Lectora Inspire |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TG Bridge engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:44 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55395 |