Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta PAB 1 Helvetia

Kurniadi, Muhammad Agung (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin Kelas X Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Swasta PAB 1 Helvetia. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5162121001 COVER.pdf] Text
1. NIM 5162121001 COVER.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 2. NIM 5162121001 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5162121001 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 5162121001 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5162121001 ABSTRACT.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 4. NIM 5162121001 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5162121001 PREFACE.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 5.  NIM 5162121001 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5162121001 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 6. NIM 5162121001 ILLUSTRATION.pdf] Text
6. NIM 5162121001 ILLUSTRATION.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 7. NIM 5162121001 TABLES.pdf] Text
7. NIM 5162121001 TABLES.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 8. NIM 5162121001 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5162121001 APPENDICES.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 9. NIM 5162121001 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5162121001 CHAPTER I.pdf

Download (557kB)
[thumbnail of 13. NIM 5162121001 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5162121001 CHAPTER V.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 14. NIM 5162121001 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5162121001 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran
berupa multimedia interaktif keselamatan, kesehatan kerja pada mata pelajaran
pekerjaan dasar teknik mesin di SMK Swasta PAB 1 Helvetia yang dapat
digunakan untuk mendukung pembelajaran sehingga dapat membantu guru dalam
menyampaikan materi pelajaran, (2) untuk mengetahui kelayakan dan tingkat
efektivitas media pembelajaran dalam proses pembelajaran. Metode
pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE
yang dikombinasikan dengan model pengembangan Dick & Carey. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan persentase kelayakan (1) penilaian dari validasi ahli
materi sebesar 3,85 dengan kriteria layak, (2) penilaian dari validasi ahli media
sebesar 4,75 dengan kriteria sangat layak, (3) penilaian dari validasi ahli desain
pembelajaran sebesar 4,38 dengan kriteria sangat layak, (4) Hasil penilaian siswa
melalui angket pengguna dengan uji coba one to one mendapatkan rata-rata skor
sebesar 4,15 dengan kriteria layak, uji coba skala kecil mendapatkan rata-rata skor
sebesar 4,12 dengan kriteria layak, dan uji coba skala besar mendapatkan rata�rata skor sebesar 4,16 dengan kriteria sangat layak, dan (5) Terdapat
peningkatan hasil belajar siswa sebelum menggunakan produk multimedia
interaktif rata-rata nilai hasil belajar siswa yang diukur melalui pengujian pre test
adalah 68,27 dan setelah menggunakan produk multimedia interaktif rata-rata
nilai hasil belajar siswa yang diukur melalui pengujian post test adalah 82,67.
Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan setelah dilakukannya pembelajaran menggunakan produk multimedia
interaktif sebesar 14,40 atau 21,09% dengan tingkat ketuntasan siswa sebesar
86,67% yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan
layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media; Multimedia Pembelajaran Interaktif
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 24 Apr 2024 02:24
Last Modified: 24 Apr 2024 02:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55389

Actions (login required)

View Item
View Item