PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR) DENGAN APLIKASI ARTSTEPS PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DI SMK N 2 MEDAN

SIMBOLON, JAKSON J. (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR) DENGAN APLIKASI ARTSTEPS PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DI SMK N 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5193121013_Cover.pdf] Text
5193121013_Cover.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 5193121013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5193121013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (708kB)
[thumbnail of 5193121013_Kata_Pengantar.pdf] Text
5193121013_Kata_Pengantar.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of 5193121013_Abstrak.pdf] Text
5193121013_Abstrak.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 5193121013_Daftar_Isi.pdf] Text
5193121013_Daftar_Isi.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 5193121013_Daftar_Tabel.pdf] Text
5193121013_Daftar_Tabel.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5193121013_Daftar_Gambar.pdf] Text
5193121013_Daftar_Gambar.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5193121013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5193121013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5193121013_BAB_I.pdf] Text
5193121013_BAB_I.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 5193121013_BAB_V.pdf] Text
5193121013_BAB_V.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 5193121013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5193121013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (182kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran Gambar Teknik berbasis Virtual Reality (VR) dengan menggunakan aplikasi Artsteps di SMK N 2 Medan dilatarbelakangi oleh guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional atau ceramah dan
menggunakan alat bantu papan tulis yang di gambar kerja jobsheet dan juga masih menggunakan media pembelajaran pendukung buku di SMK N 2 Medan, sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran guna menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar Gambar Teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa materi dan media pembelajaran gambar Teknik dapat diterapkan di SMK N 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, and Evaluate). yang memiliki beberapa tahap.Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap Analisis, b) tahap desain , c) tahap pengembangan produk, serta d)tahap imlementasi dan evaluasi e) tahap validasi dan uji coba. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Angket ditujukan kepada validator
materi dan validator media serta subjek uji coba sejumlah 3 siswa kelas X SMK N 2 Medan. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran gambar Teknik diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 4,2 termasuk dalam kriteria Layak. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 3,55 termasuk dalam kriteria Layak. Sedangkan hasil dari tanggapan siswa diperoleh skor dari siswa yang nilai tinggi, nilai menengah, dan nilai terrendah keseluruhan sebanyak 4,15 dengan persentase sebesar 90,5% termasuk dalam kriteria Layak. Keefektifan media pembelajaran ini dilakukan pre-test dan post-tetskepada 36 sisiwa, nilai untuk pre-test rata-rata 64,77 termasuk kedalam kriteria Tidak Tuntas, nilai untuk Post-Test rata-rata 89,55 termasuk kriteria Tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Artsteps; Gambar Teknik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ227 Machine design and drawing
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:37
Last Modified: 24 Apr 2024 01:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55374

Actions (login required)

View Item
View Item