SIMBOLON, JAKSON J. (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIRTUAL REALITY (VR) DENGAN APLIKASI ARTSTEPS PADA ELEMEN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X DI SMK N 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5193121013_Cover.pdf
Download (58kB)
5193121013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (708kB)
5193121013_Kata_Pengantar.pdf
Download (96kB)
5193121013_Abstrak.pdf
Download (64kB)
5193121013_Daftar_Isi.pdf
Download (117kB)
5193121013_Daftar_Tabel.pdf
Download (87kB)
5193121013_Daftar_Gambar.pdf
Download (87kB)
5193121013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (87kB)
5193121013_BAB_I.pdf
Download (431kB)
5193121013_BAB_V.pdf
Download (183kB)
5193121013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (182kB)
Abstract
Pengembangan media pembelajaran Gambar Teknik berbasis Virtual Reality (VR) dengan menggunakan aplikasi Artsteps di SMK N 2 Medan dilatarbelakangi oleh guru yang masih menggunakan pembelajaran konvensional atau ceramah dan
menggunakan alat bantu papan tulis yang di gambar kerja jobsheet dan juga masih menggunakan media pembelajaran pendukung buku di SMK N 2 Medan, sehingga perlu adanya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran guna menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar Gambar Teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa materi dan media pembelajaran gambar Teknik dapat diterapkan di SMK N 2 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, and Evaluate). yang memiliki beberapa tahap.Tahap-tahap tersebut meliputi: a) tahap Analisis, b) tahap desain , c) tahap pengembangan produk, serta d)tahap imlementasi dan evaluasi e) tahap validasi dan uji coba. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Angket ditujukan kepada validator
materi dan validator media serta subjek uji coba sejumlah 3 siswa kelas X SMK N 2 Medan. Hasil validasi oleh ahli materi terhadap media pembelajaran gambar Teknik diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 4,2 termasuk dalam kriteria Layak. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor secara keseluruhan sebanyak 3,55 termasuk dalam kriteria Layak. Sedangkan hasil dari tanggapan siswa diperoleh skor dari siswa yang nilai tinggi, nilai menengah, dan nilai terrendah keseluruhan sebanyak 4,15 dengan persentase sebesar 90,5% termasuk dalam kriteria Layak. Keefektifan media pembelajaran ini dilakukan pre-test dan post-tetskepada 36 sisiwa, nilai untuk pre-test rata-rata 64,77 termasuk kedalam kriteria Tidak Tuntas, nilai untuk Post-Test rata-rata 89,55 termasuk kriteria Tuntas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Artsteps; Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ227 Machine design and drawing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 01:37 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 01:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55374 |