Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) Kelas X TP Di SMK Negeri 2 Binjai

FADLI, AHMAD (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Mesin (PDTM) Kelas X TP Di SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 5161121002 COVER.pdf] Text
1. NIM 5161121002 COVER.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 2. NIM 5161121002 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5161121002 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM 5161121002 PREFACE.pdf] Text
3. NIM 5161121002 PREFACE.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 4. NIM 5161121002 ABSTRACT.pdf] Text
4. NIM 5161121002 ABSTRACT.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 5. NIM 5161121002 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5161121002 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 6. NIM 5161121002 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5161121002 TABLES.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 7. NIM 5161121002 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5161121002 ILLUSTRATION.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 8. NIM 5161121002 APPENDICES.pdf] Text
8. NIM 5161121002 APPENDICES.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 9. NIM 5161121002 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM 5161121002 CHAPTER I.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 13. NIM 5161121002 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM 5161121002 CHAPTER V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 14. NIM 5161121002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM 5161121002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (229kB)

Abstract

Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengembangkan
multimedia interaktif pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik mesin kelas X
TP di SMK Negeri 2 Binjai, (2) Tingkat kelayakan multimedia interkatif yang
dikembangkan sebagai media pembelajaran, dan (3) Keefektifan multimedia
interaktif yang dikembangkan sebagai media pembelajaran. Model
pengembangan yang digunakan adalah model Borg & Gall yang dikombinasikan
dengan model Dick & Carry. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (4)
kelayakan produk berdasarkan validasi ahli media memperoleh skor sebesar 5,00
dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor
sebesar 4,35 dengan interpretasi “sangat baik”. Hasil validasi ahli desain
pembelajaran memperoleh rerata skor 4,37 dengan interpretasi “sangat baik”, dan
hasil penilaian siswa melalui angket pengguna dengan uji coba one to one
mendapatkan rerata skor sebesar 4,23 dengan interpretasi “sangat baik” untuk uji
coba skala kecil mendapatkan rerata skor sebesar 4,17 dengan interpretasi “sangat
baik” dan uji coba skala besar mendapatkan reata skor sebesar 4,29 dengan
kriteris “sangat baik”. (5) keefektifan media pembelajaran multimedia
pembelajaran berdasarkan rerata pre-test memperoleh skor sebesar 56,40 dan
rerata post-test memperoleh skor sebesar 78,40. Dan memperoleh kenaikan hasil
belajar siswa sebesar 22,00 atau 39,01% dengan tingkat kelulusan 86,67%. Hasil
menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan layak digunakan
sebagai media pembelajaran siswa kelas X TP di SMK Negeri 2 Binjai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Media; Multimedia Interaktif
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Susiani Susiani
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:45
Last Modified: 23 Apr 2024 07:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55329

Actions (login required)

View Item
View Item