SIHOMBING, FAHMI IDRIS (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK DAN PERANCANGAN INTERIOR GEDUNG SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN DESAIN PEMODELAN DAN INFOMASI BANGUNAN DI SMK NEGERI 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
5181111013_Cover.pdf
Download (487kB)
5181111013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5181111013_Kata_Pengantar.pdf
Download (609kB)
5181111013_Abstrak.pdf
Download (590kB)
5181111013_Daftar_Isi.pdf
Download (121kB)
5181111013_Daftar_Tabel.pdf
Download (462kB)
5181111013_Daftar_Gambar.pdf
Download (461kB)
5181111013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (461kB)
5181111013_BAB_I.pdf
Download (1MB)
5181111013_BAB_V.pdf
Download (942kB)
5181111013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (589kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 14 Medan, (2) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 14 Medan. Perintah dasar menggunakan aplikasi perangkat lunak. Instrumen yang digunakan berupa angket. Angket digunakan untuk menguji kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi melalui validasi ahli media dan ahli materi. Penilaian juga dilakukan uji produk oleh pengguna siswa-siswi kelas XI DPIB SMK N 14 Medan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran berbasis
video aniamsi pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior gedung mendapatkan penilaian dari ahli media dengan skor 4.06 ( layak), ahli materi dengan skor 4.34 (sangat layak) dan uji coba produk pengguna terhadap siswa mendapatkan skor 4.7 (sangat layak). Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi, ahli media, uji coba produk terhadap siswa media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung, dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research
and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Subjek dari Penelitian dan Pengembangan (R&D) ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Video Animasi; ADDIE |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TH Building construction T Technology > TH Building construction > TH8001 Decoration and decorative furnishings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 04:27 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55308 |