Andri, Nurul Zaini Devi (2023) Pengembangan Media Berbasis Video Pembelajaran pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV-B SDN 064007 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111118_COVER.pdf
Download (44kB)
2. NIM. 1183111118_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf
Download (325kB)
3. NIM. 1183111118_ABSTRAK.pdf
Download (280kB)
4. NIM. 1183111118_KATA PENGANTAR.pdf
Download (331kB)
5. NIM. 1183111118_DAFTAR ISI.pdf
Download (175kB)
6. NIM. 1183111118_DAFTAR TABEL.pdf
Download (115kB)
7. NIM. 1183111118_DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (112kB)
8. NIM. 1183111118_DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (114kB)
9. NIM. 1183111118_BAB I.pdf
Download (418kB)
13. NIM. 1183111118_BAB V.pdf
Download (243kB)
14. NIM. 1183111118_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (148kB)
Abstract
Belum ada dibuat dan digunakannya media ICT dengan berbasiskan video pembelajaran di Kelas IV-B SDN 064007 Medan menjadi permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian diadakan dengan tujuan menghasilkan media berbasis
video pembelajaran pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 yang layak, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluate).
Untuk subjek penelitian yaitu siswa Kelas IV-B sebanyak 35 siswa. Instrumen pengumpulan data yang dipakai yakni lembar wawancara, lembar observasi, angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media
berbasis video pembelajaran yang layak dan praktis digunakan, serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut sesuai dengan penilaian akhir terhadap media yang telah dikembangkan dengan persentase 90% dari validator
ahli materi dan 92% dari validator ahli media atau dalam klasifikasi “sangat layak”. Penilaian guru kelas dalam segi praktikalitas media berbasis video pembelajaran yang dikembangkan bernilai rata-rata sebesar 96,36% atau dalam
kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil belajar yang dilakukan melalui soal Pre-test dan Post-test, persentase rata-rata Pre-test siswa adalah 50,14% (kategori:
sangat kurang), sedangkan persentase rata-rata Post-test siswa adalah 81,42% (kategori: baik) dengan keterangan efektif. Disimpulkan bahwa penelitian dan
pengembangan ini menghasilkan sebuah produk berupa media berbasis video pembelajaran pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 1 yang layak, praktis, dan
efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan Media; Video Pembelajaran; ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 08:55 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 08:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55301 |