Julkifli (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENJELASKAN DAN MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI MTS AL-HASYIMIYAH TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136132029 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 8136132029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM. 8136132029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 8136132029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
5. NIM. 8136132029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
6. NIM. 813632029 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 813632029 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. NIM. 813632029 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
9. NIM. 813632029 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13. NIM. 813632029 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
14. NIM. 813632029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengadakan variasi mengajar melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-Hasyimiyah Tebing Tinggi Kota Madya Tebing Tinggi ± 2 bulan mulai dari tanggal 3 September s/d 23 Oktober 2015. Subjek penelitian ini adalah 3 (tiga) orang guru MTs Al-Hasyimiyah Tebing Tinggi. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar dengan menggunakan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian tindakan ini menggunakan model penelitian tindakan sekolah, mengacu pada model penelitian tindakan kemmis dan Taggart yang dirancang dengan proses siklus yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tahapan ini terus diulang per individu sampai permasalahan guru dalam keterampilan menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar teratasi. Hasil analisis data guru dalam menerapkan keterampilan menjelaskan sebagai berikut : pada saat siklus I rata-rata sebesar 67,2% (kategori cukup) dan keterampilan mengadakan variasi mengajar sebesar 67,1% (kategori cukup). sehingga dilakukan bantuan berupa bimbingan kepada guru tentang bagaiman menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar yang baik. Setelah dilakukan klinis maka keterampilan menjelaskan pada siklus II naik menjadi 81,1% (kategori baik), begitu juga dengan keterampilan mengadakan variasi mengajar pada siklus II naik menjadi 81,9%. Dari paparan data tersebut dapat diketahui bahwa telah terjadi peningkatan nilai keterampilan guru di MTs Al-Hasyimiyah Tebing Tinggi dalam menjelaskan dan mengadakan variasi mengajar melalui kegiatan supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif, sehingga diharapkan kepada kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk dapat menerapkan serta mengembangkan kegiatan supervisi klinis ini dengan lebih baik lagi, dengan harapan kualitas guru dalam mengajar menjadi lebih baik yang berimplikasi terhadap peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Jul u |
Keywords: | Keterampilan mengajar; Supervisi pendidikan; Supervisi kolaboratif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 02 Jun 2016 04:27 |
Last Modified: | 02 Jun 2016 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5530 |