Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Canva Pada Materi Pewarnaan Rambut Artistic Kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan

Marpaung, Collyne Freshi Risa Br. (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Canva Pada Materi Pewarnaan Rambut Artistic Kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 5183344019_Cover.pdf] Text
5183344019_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 5183344019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183344019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 5183344019_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183344019_Kata_Pengantar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 5183344019_Abstrak.pdf] Text
5183344019_Abstrak.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 5183344019_Daftar_Isi.pdf] Text
5183344019_Daftar_Isi.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 5183344019_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183344019_Daftar_Tabel.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 5183344019_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183344019_Daftar_Gambar.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of 5183344019_BAB_I.pdf] Text
5183344019_BAB_I.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 5183344019_BAB_V.pdf] Text
5183344019_BAB_V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 5183344019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183344019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (190kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran video tutorial berbasis canva pada materi pewarnaan rambut artistik di kelas XI Tata kecantikan SMK Pariwisata Imelda Medan, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial berbasis canva pada materi
pewarnaan rambut artistik di kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan Metodenpenelitiannyang digunakanndalam penelitian ini adalah model penelitian R&D (Research and Development). Subjek penelitian terdiri dari 48 siswa kelas XI Tata Kecantikan di SMK Pariwisata Imelda Medan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Validitas media
pembelajaran dievaluasi oleh ahli materi dan ahli media. Pengembangan media melibatkan uji coba kelompok kecil, kelompok sedang, dan kelompok besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran video tutorial berbasis Canva mendapatkan penilaian yang “Sangat Layak” dari ahli materi dengan skor penilaian sebesar 93,77%, sementara ahli media memberikan skor penilaian sebesar 98,34% dengan kriteria "Sangat Layak". Uji coba kelompok kecil mendapatkan skor penilaian "Baik" sebesar 77,33%, uji coba kelompok sedang mendapatkan skor penilaian "Sangat Baik" sebesar 86,67%, dan uji coba kelompok besar mendapatkan skor penilaian "Sangat Baik" sebesar 92,67%.
Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial berbasis Canva pada materi pewarnaan rambut artistik layak digunakan dalam proses pembelajaran oleh gurundannsiswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial berbasis canva pada materi pewarnaan rambut artistik dinyatakan layak untuk digunakan pada proses pemelajaran bagi guru dan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Video Tutorial Berbasis Canva; Pewarnaan Rambut Artistik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Apr 2024 01:19
Last Modified: 23 Apr 2024 01:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55260

Actions (login required)

View Item
View Item