Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Gerak Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan

Hasibuan, Wahyuni (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Gerak Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Imelda Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 51832131005 COVER.pdf] Text
1. 51832131005 COVER.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 2. 51832131005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 51832131005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (508kB)
[thumbnail of 3. 51832131005 ABSTRACT.pdf] Text
3. 51832131005 ABSTRACT.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4. 51832131005 PREFACE.pdf] Text
4. 51832131005 PREFACE.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of 5. 51832131005 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. 51832131005 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 6. 51832131005 TABLES.pdf] Text
6. 51832131005 TABLES.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 7. 51832131005 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. 51832131005 ILLUSTRATION.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 8. 51832131005 APPENDICES.pdf] Text
8. 51832131005 APPENDICES.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 9. 51832131005 CHAPTER I.pdf] Text
9. 51832131005 CHAPTER I.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of 13. 51832131005 CHAPTER V.pdf] Text
13. 51832131005 CHAPTER V.pdf

Download (263kB)
[thumbnail of 14. 51832131005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. 51832131005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini beratujuan:(1)Untuk mengetahui prosedur pengembangkan media
pembelajaran brbasis android dengan menggunakan aplikasi Simurelay pada mata pelajaran
gambar teknik di SMK Swasta Imelda Medan.(2) Untuk mengetahui tingkat kelayakan media
audio visual gerak berbasis android pada mata pelajaran gambar teknik. Penelitian ini akan
diuji cobakan dengan melibatkan siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta
Imelda Medan semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah Research and
Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE. Model penelitian ADDIE meliputi 5
tahapan yaitu pertama analysis yang meliputi analisis kebutuhan produk, kedua design yaitu
menyusun garis besar, materi tentang media audio visual gerak, Ketiga development yaitu
mengembangkan produk yang sudah didesain untuk dilakukan validasi agar mendapatkan
masukan oleh ahli media dan ahli materi. Keempat implementation yaitu menerapkan produk
untuk mendapatkan respon dari pengguna terhadap media audio visual gerak yang telah
dikembangkan. Kelima evaluation yaitu mengevaluasi media audio visual gerak berdasarkan
beberapa masukkan dari para ahli serta respon pengguna. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini adalah angket validasi dan angket respon pengguna. Hasil Penelitian ini diketahui :
(1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa Video . (2) Kelayakan media ini
didapatkan dari hasil validasi ahli media dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh
nilai rata-rata sebesar 3,5. Dan hasil validasi berikutnya didapatkan dari ahli materi dengan
kategori “Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,0. (3) Hasil respon pengguna
terhadap Media ini dikategorikan “Sangat Baik” yang memperoleh nilai rata-rata 30,36.
Rekomendasi pada penelitian ini adalah penggunaan Audio Visual Gerak dalam kegiatan
pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi pada mata pelajaran lainnya sehingga dapat
meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Audio Visual Gerak; Simurelay; Gambar Teknik
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2896 Production of electricity by direct energy conversion
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:30
Last Modified: 22 Apr 2024 05:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55236

Actions (login required)

View Item
View Item