Lahagu, Ririn Kristianti (2023) Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Movie Maker pada Materi Pengeritingan Rambut di SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5183144019 COVER.pdf
Download (42kB)
2. NIM 5183144019 APPROVAL SHEET.pdf
Download (575kB)
3. NIM 5183144019 ABSTRACT.pdf
Download (548kB)
4. NIM 5183144019 PREFACE.pdf
Download (401kB)
5. NIM 5183144019 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (469kB)
6. NIM 5183144019 TABLES.pdf
Download (192kB)
7. NIM 5183144019 ILLUSTRATION.pdf
Download (249kB)
8. NIM 5183144019 APENDICES.pdf
Download (308kB)
9. NIM 5183144019 CHAPTER I.pdf
Download (630kB)
13. NIM 5183144019 CHAPTER V.pdf
Download (247kB)
14. NIM 5183144019 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (370kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media video
pembelajaran berbasis movie maker pada materi pengeritingan rambut di SMK
Negeri 3 Pematangsiantar, (2) mengetahui tingkat kelayakan media video
pembelajaran berbasis movie maker pada materi pengeritingan rambut di SMK
Negeri 3 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
ADDIE, pengembangan media video pembelajaran berbasis movie maker pada
materi pengeritingan rambut adalah objek dari penelitian, sedangkan subjek
penelitian adalah 3 ahli materi dan 3 ahli media yang berkompeten dalam
bidangnya masing-masing. Sasaran dari produk yang dihasilkan adalah 52 orang
siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Tahapan awal penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan guru dan
siswa. Tahap kedua adalah pembuatan rancangan produk. Tahap ketiga adalah
pembuatan produk sesuai dengan desain. Tahap keempat adalah menerapkan
media produk sesuai dengan validasi dari ahli media dan ahli materi serta
melakukan uji coba sebanyak 3 tahap yaitu uji coba kelompok kecil sebanyak 5
orang, uji coba kelompok sedang sebanyak 15 orang, uji coba kelompok besar
sebanyak 32 orang. Tahap kelima adalah melakukan evaluasi terhadap produk jika
diperlukan. Uji validitas dilakukan oleh para ahli materi dan ahli media.
Kelayakan pengembangan media diperoleh melalui uji coba kelompok kecil,
sedang, dan besar.
Hasil penelitian pada pengembangan media pembelajaran video tutorial ini
menunjukkan hasil presentase skor validasi materi oleh ahli materi 81% dengan
kriteria “sangat baik”, validasi media oleh ahli media 96% dengan kriteria “sangat
baik”, berdasarkan uji coba kelompok kecil (5 orang) diperoleh 98% dengan
kriteria “sangat baik”, uji coba kelompok sedang (15 orang) diperoleh 97%
dengan kriteria “sangat baik”, uji coba kelompok besar (32 orang) diperoleh 90%
dengan kriteria “sangat baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa media video
pembelajaran berbasis movie maker yang dikembangkan sangat layak untuk
digunakan sebagai alat pendukung dalam proses pembelajaran pada materi
pengeritingan rambut khususnya pada macam-macam teknik penggulungan
rambut di SMK Negeri 3 Pematangsiantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Video Pembelajaran; Teknik Pengeritingan Rambut |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 04:48 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55230 |