Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Pada Mata Pelajaran Sanitasi dan Hygiene Kecantikan Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Gelora Jaya Nusantara Medan

SEMBIRING, ADINDA TRI PUTRI YULISA BR (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Pada Mata Pelajaran Sanitasi dan Hygiene Kecantikan Siswa Kelas X Tata Kecantikan SMK Gelora Jaya Nusantara Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1.  NIM  5182144007 COVER.pdf] Text
1. NIM 5182144007 COVER.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 2.  NIM  5182144007 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 5182144007 APPROVAL SHEET.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3.  NIM  5182144007 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 5182144007 ABSTRACT.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4.  NIM  5182144007 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 5182144007 PREFACE.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 5.  NIM  5182144007 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 5182144007 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (452kB)
[thumbnail of 6.  NIM  5182144007 TABLES.pdf] Text
6. NIM 5182144007 TABLES.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 7.  NIM  5182144007 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. NIM 5182144007 ILLUSTRATION.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 8.  NIM  5182144007 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 5182144007 CHAPTER I.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of 12.  NIM  5182144007 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 5182144007 CHAPTER V.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 13.  NIM  5182144007 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 5182144007 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (304kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
Videoscribe dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Videoscribe
yang dikembangkan pada mata pelajaran sanitasi dan hygiene kecantikan SMK
Kelas X Tata Kecantikan SMK Gelora Jaya Nusantara Medan.
Dalam penelitian ini model yang digunakan adalah model penelitian dan
pengembangan (Research & Development), merupakan metode penelitian yang
bertujuan mengembangkan dan menguji produk yang akan dihasilkan untuk
kegiatan pembelajaran. teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa kuantitatif. Uji validasi
dilakukan oleh 3 ahli materi terdiri dari 1 Fakultas Teknik Universitas Negeri
Medan serta 2 guru bidang studi Sanitasi dan Hygiene Kecantikan SMK Gelora
Jaya Nusantara Medan dan untuk 3 ahli media terdiri 3 Dosen Fakultas Teknik
Universitas Negeri Medan.
Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa produk yang
dikembangkan Videoscribe materi sanitasi pada peralatan dan ruang kerja
perawatan wajah secara manual berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi
memproleh skor sebesar 94,1% artinya materi yang terdapat pada Videoscribe
tersebut dinyatakan sangat baik. Sedangkan penilaian dari para ahli media, produk
yang dikembangkan berupa Videoscribe pada materi sanitasi pada peralatan dan
ruang kerja perawatan wajah secara manual memproleh skor 95,2% artinya
tampilan media yang terdapat pada Videoscribe tersebut dinyatakan sangat baik.
Berdasarkan hasil uji coba produk media yang dilakukan terhadap tiga kelompok
maka dapat diketahui bahwa berdasarkan perhitungan uji coba kelompok kecil
hasil keseluruhan memproleh 83,2%, pada uji coba kelompok sedang hasil
keseluruhan memproleh 88% Begitu juga dengan hasil perhitungan pada uji coba
kelompok besar memproleh 92,5%, dengan rata-rata nilai keseluruhan mencapai
93,8%. Dapat disimpulkan bahwa media Videoscribe materi sanitasi pada
peralatan dan ruang kerja perawatan wajah secara manual dinyatakan layak untuk
digunakan dalam kegiatan pembelajaran oleh tenaga pendidik dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran; Videoscribe; sanitasi peralatan dan ruang kerja perawatan wajah manual
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:27
Last Modified: 22 Apr 2024 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55222

Actions (login required)

View Item
View Item