Harahap, Nurhadijah (2015) HUBUNGAN PELAKSANAAN SUPERVISI DAN KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DENGAN EFEKTIVITAS SEKOLAH DASAR (SD) DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan pelaksanaan supervisi kepala sekolah dengan Efektivitas Sekolah Dasar (SD), (2) hubungan kepemimpinan visioner kepala sekolahdengan Efektivitas Sekolah Dasar (SD) (3) hubungan pelaksanaan supervisi dan kepemimpinan visioner kepala sekolah dengan efektivitas Sekolah Dasar.
Metode penelitian adalah kuantitatifjenis deskriptif studi korelasional dengan pola kajian korelatif, menempatkan variabel penelitian dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan terikat. Populasi penelitian adalah kepala sekolahDasar Negeri dan Swasta. Dalam penelitian ini seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Sampel total adalah 36 orang.Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert.Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana serta ganda.Hasil dari penelitian, (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dengan Efektivitas sekolah, koefisien korelasi rx1y= 0,456. Sumbangan efektif diberikan oleh variabel Pelaksanaan Supervisi Kepala sekolah dengan Efektivitas sekolah adalah sebesar16,03%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kepemimpinan visioner Kepala Sekolah dengan Efektivitas Sekolahdengan koefisien korelasi rx2y= 0,578. Sumbangan efektiv yang diberikanoleh variabel Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dengan Efektivitas sekolah adalah sebesar 25,57% dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolahdan Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dengan Efektivitas sekolah dengan koefisien korelasi R = 0,645. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepala sekolah meningkatkan Pelaksanaan Supervisi dan kepemimpinan visioner untuk meningkatkan Efektivitas Sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.203 Har h |
Keywords: | Efektivitas sekolah; Supervisi sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Jun 2016 03:25 |
Last Modified: | 01 Jun 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5514 |