PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PBL BERBANTUAN WEBSITE CANVA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Pelawi, Aisah Queenela Br (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PBL BERBANTUAN WEBSITE CANVA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111029_Cover.pdf]
Preview
Text
4193111029_Cover.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 4193111029_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4193111029_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4193111029_Abstrak.pdf] Text
4193111029_Abstrak.pdf - Published Version

Download (585kB)
[thumbnail of 4193111029_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111029_Kata_Pengantar.pdf - Published Version

Download (694kB)
[thumbnail of 4193111029_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111029_Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (552kB)
[thumbnail of 4193111029_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111029_Daftar_Tabel.pdf - Published Version

Download (526kB)
[thumbnail of 4193111029_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111029_Daftar_Gambar.pdf - Published Version

Download (704kB)
[thumbnail of 4193111029_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111029_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version

Download (526kB)
[thumbnail of 4193111029_BAB_I.pdf] Text
4193111029_BAB_I.pdf - Published Version

Download (955kB)
[thumbnail of 4193111029_BAB_V.pdf] Text
4193111029_BAB_V.pdf - Published Version

Download (689kB)
[thumbnail of 4193111029_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111029_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (545kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis PBL dengan bantuan Website Canva yang valid, praktis dan juga efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengemabangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 7 Medan dan objek penelitiannya adalah media pembelajaran interaktif berbasis PBL berbantuan Website Canva. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis PBL berbantuan Website Canva untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa yang valid, praktis dan juga efektif. Berdasarkan: (1) penilaian kevalidan media yang telah valid dengan penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 93% dan ahli materi sebesar 92%; (2) penilaian kepraktisan media yang telah praktis dengan hasil angket kepraktisan oleh guru sebesar 90% dan hasil angket kepraktisan oleh siswa sebesar 84%; (3) penilaian keefektifan media yang telah efektif berdasarkan tercapainya ketuntasan belajar yaitu sebesar 88,89%, tercapainya tujuan pembelajaran ≥ 75%, waktu pembelajaran menggunakan media pembelajaran tidak melebihi waktu pembelajaran biasa, respon siswa terhadap media pembelajaran yang positif dengan persentase 86%. Kemudian adanya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan mengacu pada perhitungan N-Gain yang menghasilkan nilai 0,45 yaitu tergolong “sedang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Interkatif; Website Canva; ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 20 Mar 2024 01:45
Last Modified: 20 Mar 2024 01:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55107

Actions (login required)

View Item
View Item