Pelawi, Aisah Queenela Br (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PBL BERBANTUAN WEBSITE CANVA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111029_Cover.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
4193111029_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4193111029_Abstrak.pdf - Published Version
Download (585kB)
4193111029_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (694kB)
4193111029_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (552kB)
4193111029_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (526kB)
4193111029_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (704kB)
4193111029_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (526kB)
4193111029_BAB_I.pdf - Published Version
Download (955kB)
4193111029_BAB_V.pdf - Published Version
Download (689kB)
4193111029_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (545kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis PBL dengan bantuan Website Canva yang valid, praktis dan juga efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian dan pengemabangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 7 Medan dan objek penelitiannya adalah media pembelajaran interaktif berbasis PBL berbantuan Website Canva. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis PBL berbantuan Website Canva untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa yang valid, praktis dan juga efektif. Berdasarkan: (1) penilaian kevalidan media yang telah valid dengan penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase rata-rata sebesar 93% dan ahli materi sebesar 92%; (2) penilaian kepraktisan media yang telah praktis dengan hasil angket kepraktisan oleh guru sebesar 90% dan hasil angket kepraktisan oleh siswa sebesar 84%; (3) penilaian keefektifan media yang telah efektif berdasarkan tercapainya ketuntasan belajar yaitu sebesar 88,89%, tercapainya tujuan pembelajaran ≥ 75%, waktu pembelajaran menggunakan media pembelajaran tidak melebihi waktu pembelajaran biasa, respon siswa terhadap media pembelajaran yang positif dengan persentase 86%. Kemudian adanya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan mengacu pada perhitungan N-Gain yang menghasilkan nilai 0,45 yaitu tergolong “sedang”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Interkatif; Website Canva; ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 01:45 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 01:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55107 |