Hanifah, Ade Nurul (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI PENDAPATAN NASIONAL DI KELAS XI IPS SMAS PAB 8 SAENTIS PERCUT SEI TUAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193341003_Cover.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
7193341003_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
7193341003_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7193341003_Abstrak.pdf - Published Version
Download (651kB) | Preview
7193341003_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (701kB) | Preview
7193341003_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (550kB) | Preview
7193341003_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
7193341003_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
7193341003_BAB_I.pdf - Published Version
Download (738kB) | Preview
7193341003_BAB_V.pdf - Published Version
Download (703kB) | Preview
7193341003_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (610kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah “Rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa dalam materi pendapatan nasional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pendapatan nasional di kelas XI IPS SMAS Pab 8 Saentis Percut Sei Tuan T.A 2023/2024.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Pab 8 Saentis Percut Sei Tuan Jalan Kali Serayu Dusun 16 Saentis Percut Sei Tuan T.A 2023/2024. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAS Pab 8 Saentis yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling atau sampel acak. Dalam hal ini dilakukan undian oleh peneliti dengan sistem kocok arisan, sehingga diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik test dan non test.
Teknik Analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis (Uji T) dimana Data posttest yang didapat pada kedua kelas baik kelas eskperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal karena memenuhi Lhit < Ltab pada taraf signifikansi 10% (α = 0,10). Setelah data bersifat normalitas dan homogenitas, maka data tersebut dapat dilanjutkan pada uji T. data posttest yang diperoleh pada kedua kelas tersebut yaitu Thit = 2,12 dan Ttab = 1,707 menunjukkan bahwa Thit > Ttab atau 2,12 > 1,707. Dengan demikian Ho ditolak dan menerima Ha sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan kreatif siswa pada materi pendapatan nasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Keterampilan Berpikir Kreatif |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 09:49 |
Last Modified: | 01 May 2024 09:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55095 |