SARAGI, PUTRI DWIVANI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193341009_Cover.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
7193341009_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
7193341009_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
7193341009_Abstrak.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
7193341009_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7193341009_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
7193341009_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
7193341009_BAB_I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
7193341009_BAB_V.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
7193341009_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flipbook dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI di SMAN 3 Medan, yang berlokasi di Jl. Budi Kemasyarakatan No.3, Pulo Brayan, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, 2023. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental dengan bentuk pretest posttest with non-equivalent grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Medan dan sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 2 Dan XI IPS 3 yang berjumlah 71 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes pilihan berganda sebanyak 20 soal dan angket kuesioner sebanyak 20 pernyataan, dimana sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS 2 yang berjumlah 36 siswa dan XI IPS 3 yang berjumlah 35 siswa. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan persiapan terlebih dahulu yaitu dengan penyusunan RPP, melakukan uji instrument soal dan angket, melaksanakan pretest, mengajar sesuai RRP dengan menggunakan media pembelajaran flipbook, kemudian melaksanakan posttest.
Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji annava. Dalam analisis uji normalitas data pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig > 0,05 sehingga dapat dinyatakan seluruh data “berdistribusi normal”. Hasil uji homogenitas pada hasil belajar diperoleh nilai sig > 0,05 (0,086 > 0,05) sehingga data bersifat homogen. Dan hasil uji homogenitas pada minat belajar diperoleh sig > 0,05 (0,604 > 0,05) sehingga data bersifat homogen. Selanjutnya dilakukan uji t pada taraf signifikansi 0,050. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan pada hipotetis I diperoleh 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan media flipbook lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan dengan media konvensional. Pada hipotesis II diperoleh 0,000 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa yang memiliki minat belajar tinggi yang diajar dengan media flipbook lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki minat tinggi diajar dengan media konvensional. Pada hipotesis III diperoleh 0,024 < 0,05, yang artinya terdapat pengaruh antara hasil belajar siswa yang memiliki minat rendah diajar dengan media flipbook lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki minat rendah diajar dengan media konvensional. Dan pada hipoteis IV diperoleh 0,017 < 0,05 yang artinya terdapat interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Flipbook, Minat Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:54 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55086 |