BR TARIGAN, PATRICIA INTAN KARONESIA (2023) PENGARUH MINAT MENJADI GURU, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7183341014_Cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7183341014_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
7183341014_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
7183341014_Abstrak.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
7183341014_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (391kB) | Preview
7183341014_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (362kB) | Preview
7183341014_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
7183341014_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
7183341014_BAB_I.pdf - Published Version
Download (702kB) | Preview
7183341014_BAB_V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7183341014_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengangkat masalah yang ada dilingkungan universitas, yakni rendahnya kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan Angkatan 2019. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh minat menjadi guru, lingkungan keluarga, dan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2019 dengan jumlah 103 mahasiswa, dimana 103 mahasiswa juga dijadikan sampel dalam penelitian ini karena teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling. Pada penelitian ini, kuisioner (angket) digunakan sebagai teknik pengumpulan data dan di uji menggunakan uji validitas isi dan reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan Cronbach Alpha. Teknik analisis data dilakukan menggunakan program SPSS (Statistical Product And Server Solution) dengan regresi linear berganda untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji t dan uji F.
Hasil analisis data pada penelitian, yakni: (1) secara parsial (uji t) terdapat hasil yang positif dan signifikan variabel Minat Menjadi Guru terhadap Kesiapan Menjadi Guru mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Univesitas Negeri Medan Stambuk 2019 berdasarkan nilai nilai thitung > ttabel (2,493 >1,664) dan nilai signifikansi α (0,014< 0,05). (2) secara parsial (uji t) pengaruh variabel X2 terhadap variabel Y menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan uji t thitung > ttabel (5.824>1,660) dan nilai signifikansi α (0,000< 0,05). (3) secara parsial (uji t) pengaruh variabel X3 terhadap variabel Y menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Pengenalan Lapangan Persekolahan terhadap Kesiapan Menjadi Guru dimana thitung > ttabel (5.837>1,660) dan nilai signifikansi α (0,000< 0,05). (4) terdapat pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingkungan Keluarga dan Pengenalan Lapangan Persekolahan secara bersama-sama terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Univesitas Negeri Stambuk 2019 berdasarkan Fhitung > Ftabel (168.932 >3,088) dan nilai signifikan α (0,000 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | minat menjadi guru, lingkungan keluarga, pengenalan lapangan persekolahan, kesiapan menjadi guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:53 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55084 |