BR GINTING, DINI FEBRIANTI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN SELF REGULATEDLEARNING (SRL) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XlI IIS SMA NEGERI 1 SELESAI TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193341004_Cover.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7193341004_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
7193341004_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
7193341004_Abstrak.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7193341004_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7193341004_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7193341004_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7193341004_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7193341004_BAB_I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
7193341004_BAB_V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7193341004_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhpenggunaan internet dan self regulated learning terhadap prestasi belajar siswapada mata pelajaran ekonomi kelas XII IIS SMA N 1 Selesai T.A 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitianini
adalah seluruh siswa kelas XII IIS SMA N 1 Selesai yang berjumlah 140 siswa.
Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 104 siswa. Uji
validitas instrument menggunakan rumus V-Aiken, sedangkan uji reliabilitasmenggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakanuji
regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungankoefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh secarasignifikan antara variabel penggunaan internet (X1) terhadap hasil belajar
ekonomi siswa (Y) kelas XII IIS SMA N 1 Selesai yaitu berdasarkanuji t
(thitung > ttabel) 11,315 > 1,660 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05, keduaterdapat pengaruh antara self regulated learning (X2) terhadap hasil belajar
ekonomi siswa (Y) kelas XII IIS SMA N 1 Selesai yaitu berdasarkanuji t (fhitung > ttabel) 28,098 > 2,69 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05.
Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,857yangmenjelaskan bahwa pengaruh penggunaan interent dan self regulated learningterhadap hasil belajar ekonomi sebesar 85,7% dan sisanya sebesar 14,3%dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Interent, Self Regulated Learning, Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2024 03:28 |
Last Modified: | 04 May 2024 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55078 |