Tambunan, Simon Parlindungan (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS “POWTOON” TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SARANA DAN PRASARANA DI SMK N 6 MEDAN T.A. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193344004_Cover.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
7193344004_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (543kB) | Preview
7193344004_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
7193344004_Abstrak.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
7193344004_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7193344004_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7193344004_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
7193344004_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
7193344004_BAB_I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
7193344004_BAB_V.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
7193344004_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam konteks penelitian ini adalah adanya tantangan
dalam mencapai tingkat hasil belajar yang memadai pada siswa. Maka dari itu,
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Model
Pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video animasi
berbasis Powtoon terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran
Sarana dan Prasarana di kelas XI SMK N 6 Medan pada tahun akademik
2023/2024. Riset ini menggunakan metode eksperimen dengan melibatkan
penggabungan model pembelajaran yang diterapkan kepada kelompok sampel
yang diuji. Populasi yang menjadi fokus kajian adalah siswa dari kelas XI
Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK N 6
Medan, dengan jumlah 3 kelas. Untuk pengambilan sampel, menggunakan Teknik
simple random sampling, hasil dari ketiga kelas yang diundi diperoleh kelas XI
OTKP 2. Kelas XI OTKP 2 yang menjadi kelompok kontrol dan kelompok
eksperimen, menerapkan pendekatan pembelajaran berupa Model Pembelajaran
Problem Based Learning menggunakan media video animasi berbasis powtoon.
Sebelum dilakukan uji coba, alat ukur tes diuji terlebih dahulu melalui validitas,
reliabilitas, analisis tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Adapun analisis data
dalam penelitian ini mencakup perhitungan rata-rata (mean), standar deviasi,
pengujian distribusi normalitas, pemeriksaan homogenitas, serta pengujian hipotesis.Hasil analisis data memperlihatkan bahwa skor rata-rata pretest kelas kontrol dan eksperimen sebesar 56,91, sedangkan nilai post-test sebesar 85,37 dengan standar deviasi masing-masing 11,27 dan 8,72. Berdasarkan uji t, diperoleh t-hitung sebesar 37,8077 yang lebih besar daripada t-tabel sebesar 1,6896.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media video animasi berbasis powtoon memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran sarana dan prasarana kelas XI di SMK N 6 Medan pada tahun ajaran
2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan Video Animasi Berbasis Powtoon, Hasil Belajar Sarana dan Prasarana |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 May 2024 01:08 |
Last Modified: | 02 May 2024 01:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55076 |