NORA, SILVIA (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA SARANA DAN PRASARANA KELAS XI JURUSAN MPLB SMK NEGERI 1 MEDAN T.A 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191144005_Cover.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
7191144005_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (927kB) | Preview
7191144005_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (624kB) | Preview
7191144005_Abstrak.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7191144005_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7191144005_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7191144005_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7191144005_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7191144005_BAB_I.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7191144005_BAB_V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7191144005_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini yaitu rendahnya motivasi belajar serta gaya belajar peserta didik yang memengaruhi hasil belajar mereka. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana kelas XI Jurusan MPLB di SMK Negeri 1 Medan. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori Expost Facto. Seluruh siswa kelas XI MPLB dengan jumlah 139 siswa menjadi populasi penelitian ini. Teknik Proportionate Stratified Random Sampling digunakan untuk memilih sampel, dan jumlah sampel
yang digunakan adalah sebanyak 104 siswa. Metode pengumpulan data mencakup observasi, dokumentasi, wawancara, serta penggunaan angket/kuesioner. Validitas angket diukur menggunakan rumus Product Moment Person, dan reliabilitasnya
dihitung dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Setelah itu, dilakukan uji
asumsi klasik, diikuti dengan analisis uji regresi, uji t (uji parsial), uji F (uji
simultan), dan analisis koefisien determinasi. Hasil uji regresi linear berganda
menunjukkan persamaan Y = 68,050 + 0,530 X1 + 0,511 X2. Uji t untuk Motivasi
Belajar (X1) menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,624 > 1,983) dengan skor
signifikansi (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis pertama diterima. Gaya Belajar (X2)
juga menunjukkan t_hitung > t_tabel (5,580 > 1,983) dengan nilai signifikansi
(0,003 < 0,05), sehingga hipotesis kedua diterima. Secara simultan, kedua variabel, motivasi belajar dan gaya belajar siswa, berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel (4,628 > 3,08), sehingga hipotesis ketiga diterima. Koefisien determinasi (R^2) sebesar 58,4%, menyatakan bahwa variabel motivasi belajar dan gaya belajar mampu menjelaskan sebagian besar variabilitas dalam hasil belajar siswa, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi Belajar, Gaya Belajar dan Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 02 May 2024 01:04 |
Last Modified: | 02 May 2024 01:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55075 |