Khairat (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 067774 KELURAHAN SUKA MAJU MEDAN JOHOR T.P. 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
8116182012 Cover.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8116182012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
8116182012 Abstrak.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
8116182012 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
8116182012 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
8116182012 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
8116182012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
8116182012 Bab I.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
8116182012 Bab V.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
81161821012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah peningkatan keterampilan sosial siswa melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran IPS di kelas IV Negeri 067774 Kelurahan Suka Maju Medan Johor T.p. 2012/2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan sosial siswa melalui implementasi model pembelajaran Problem Based Learning pada pelajaran IPS di kelas IV SD SD Negeri 067774 Kelurahan Suka Maju Medan Johor Kota Medan T.P. 2012/2013.
Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 067774 Kelurahan Suka Maju Medan Johor T.p. 2012/2013 sebanyak satu kelas yang berjumlah 30 orang siswa. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah peningkatan keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Poblem Based Learning di kelas IV Negeri 067774 Kelurahan Suka Maju Medan Johor T.P. 2012/2013
Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan Classroom Action Research (CAR) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan Classroom Action Research (CAR) dilakukan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus dilakukan dengan 2 kali pertemuan dan pada setiap akhir siklus dilakukan observasi untuk mengetahui hasil peningkatan keterampilan sosial siswa.
Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa kategori persentase keterampilan sosial siswa hasil observasi siklus I pertemuan I termasuk kategori rendah yaitu sebesar 46,67%, siklus I pertemuan II termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 33,33%, siklus siklus II pertemuan I termasuk kategori tinggi yaitu sebesar 53,33%, dan siklus II pertemuan II termasuk kategori sangat tinggi yaitu sebesar 90,00%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 067774 Kelurahan Suka Maju Medan Johor Kota Medan T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.830 71 Kha p |
Keywords: | Keterampilan sosial; Model pembelajaran; Problem based learning; Pembelajaran IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2016 07:24 |
Last Modified: | 27 May 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5507 |