ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SETELAH DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Butar-Butar, Adrianus Juan Felix (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SETELAH DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4171111002_Cover.pdf]
Preview
Text
4171111002_Cover.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4171111002_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_Abstrak.pdf]
Preview
Text
4171111002_Abstrak.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
4171111002_Kata_Pengantar.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
4171111002_Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
4171111002_Daftar_Gambar.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_Daftar_Tabel.pdf]
Preview
Text
4171111002_Daftar_Tabel.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
4171111002_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_BAB_I.pdf]
Preview
Text
4171111002_BAB_I.pdf - Published Version

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_BAB_V.pdf]
Preview
Text
4171111002_BAB_V.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 4171111002_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
4171111002_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (311kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah dibelajarkan dengan model Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan setelah dibelajarkan dengan model Problem Based Learning pada materi luas dan volume kubus dan balok. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas VIII-1 SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Instrumen dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa akan dikategorikan dalam lima tingkatan dimulai dari tidak kreatif (tingkat 0), kurang kreatif (tingkat 1), cukup kreatif (tingkat 2), kreatif (tingkat 3), dan sangat kreatif (tingkat 4). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan model Problem Based Learning dilakukan. Sebelum pembelajaran dengan model Problem Based Learning dilakukan terdapat 4 siswa (12,5%) dengan kategori tidak kreatif, 18 siswa (56,25%) dengan kategori kurang kreatif, 4 siswa (12,5%) dengan kategori cukup kreatif, 5 siswa (15,62%) siswa dengan kategori kreatif, dan 1 siswa (3,12%) dengan kategori sangat kreatif. Setelah pembelajaran dengan model Problem Based Learning dilakukan terdapat 1 siswa (3,12%) dengan kategori tidak kreatif, 2 siswa (6,25%) dengan kategori kurang kreatif, 8 siswa (25%) dengan kategori cukup kreatif, 12 siswa (37,5%) siswa dengan kategori kreatif, dan 9 siswa (28,12%) dengan kategori sangat kreatif. Temuan ini memperlihatkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning membawa pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Untuk itu, pembelajaran dengan model Problem Based Learning perlu diterapkan dalam pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif; Kubus dan Balok; Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 19 Mar 2024 07:12
Last Modified: 19 Mar 2024 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55051

Actions (login required)

View Item
View Item