Butar-Butar, Adrianus Juan Felix (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SETELAH DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. Undergraduate thesis, UNIMED.
4171111002_Cover.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4171111002_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
4171111002_Abstrak.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
4171111002_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
4171111002_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
4171111002_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
4171111002_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
4171111002_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
4171111002_BAB_I.pdf - Published Version
Download (735kB) | Preview
4171111002_BAB_V.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
4171111002_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah dibelajarkan dengan model Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan setelah dibelajarkan dengan model Problem Based Learning pada materi luas dan volume kubus dan balok. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas VIII-1 SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Instrumen dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa akan dikategorikan dalam lima tingkatan dimulai dari tidak kreatif (tingkat 0), kurang kreatif (tingkat 1), cukup kreatif (tingkat 2), kreatif (tingkat 3), dan sangat kreatif (tingkat 4). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan model Problem Based Learning dilakukan. Sebelum pembelajaran dengan model Problem Based Learning dilakukan terdapat 4 siswa (12,5%) dengan kategori tidak kreatif, 18 siswa (56,25%) dengan kategori kurang kreatif, 4 siswa (12,5%) dengan kategori cukup kreatif, 5 siswa (15,62%) siswa dengan kategori kreatif, dan 1 siswa (3,12%) dengan kategori sangat kreatif. Setelah pembelajaran dengan model Problem Based Learning dilakukan terdapat 1 siswa (3,12%) dengan kategori tidak kreatif, 2 siswa (6,25%) dengan kategori kurang kreatif, 8 siswa (25%) dengan kategori cukup kreatif, 12 siswa (37,5%) siswa dengan kategori kreatif, dan 9 siswa (28,12%) dengan kategori sangat kreatif. Temuan ini memperlihatkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning membawa pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Untuk itu, pembelajaran dengan model Problem Based Learning perlu diterapkan dalam pembelajaran matematika. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif; Kubus dan Balok; Problem Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:12 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55051 |