Purba, Dyna Mayshella (2022) Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Momentum dan Impuls untuk Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.
8. 8186176013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. 8186176013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
9. 8186176013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8186176013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. 8186176013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
1. 8186176013 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
5. 8186176013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. 8186176013 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 8186176013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. 8186176013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. 8186176013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik tes keterampilan berpikir kreatif pada materi Momentum dan Impuls yang memenuhi kualifikasi baik (tes standar) meliputi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Partisipan penelitian adalah siswa kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4 SMA Negeri 1 Ujungbatu yang telah menerima materi Momentum dan Impuls. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D), dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian yang dilakukan mengacu pada pengembangan produk dalam bentuk instrumen tes keterampilan berpikir kreatif. Sebelum instrumen tes keterampilan berpikir kreatif diuji coba pada siswa, tes divalidasi terlebih dahulu. Subjek pengembangan produk terdiri dari ahli konten atau materi, ahli instrumen, dan ahli bahasa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Dari hasil uji coba yang telah dilakukan didapatkan 14 instrumen tes pada materi Momentum dan Impuls yang dinyatakan valid. Kesimpulan yang diperoleh setelah penelitian adalah proses pengembangan instrumen tes keterampilan berpikir kreatif untuk pelajaran fisika di SMA melalui beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan dan karakteristik, merancang kisi-kisi dan soal, validasi produk, dan uji coba produk; Karakteristik instrumen tes keterampilan berpikir kreatif yang dikembangkan dinyatakan valid dengan interpretasi tinggi, reliabel dengan interpretasi sangat tinggi, dan tingkat kesukaran serta daya pembeda tergolong baik; Keterampilan berpikir kreatif partisipan penelitian tergolong baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Pur p |
Keywords: | Pengembangan, Tes Keterampilan Berpikir Kreatif, Momentum dan Impuls, Valid |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 06:49 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55047 |