Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu PhET Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Kelas X

Pohan, Lenggasari (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu PhET Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Kelas X. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 9. NIM. 8186176002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8186176002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8186176002 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186176002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 1. NIM. 8186176002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186176002 COVER.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8186176002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186176002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8186176002 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186176002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8186176002 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186176002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8186176002 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186176002 TABLES.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8186176002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186176002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186176002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186176002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8186176002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186176002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8186176002 BILBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8186176002 BILBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model
problem based learning berbantu PhET terhadap pemahaman konsep dan
kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dan menganalisis N-gain pemahaman
konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Tempat dilaksanakannya penelitian
yaitu di SMA Negeri 7 Medan pada siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah kuasi
eksperimen.. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan
model problem based learning berbantu PhET terhadap pemahaman konsep dan
kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dikelas dengan nilai signifikansi lebih
kecil dari 0,05 ; (2) N-gain pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan
masalah fisika siswa lebih tinggi pada kelas yang menggunakan model problem
based learning berbantu PhET dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran
konvensional, dengan nilai rata-rata N-gain pemahaman konsep di kelas
eksperimen 0.67 dikategori sedang dan rata-rata N-gain pemahaman konsep di
kelas kontrol 0.44 dikategori sedang. Rata-rata N-gain kemampuan pemecahan
masalah di kelas eksperimen 0.61 sedangkan rata-rata N-gain kemampuan
pemecahan masalah di kelas kontrol 0.39.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.72 Poh p
Keywords: problem based learning, PhET, kuasi eksperimen, pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 19 Mar 2024 06:41
Last Modified: 19 Mar 2024 06:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55043

Actions (login required)

View Item
View Item