Pohan, Lenggasari (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu PhET Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA Kelas X. Masters thesis, UNIMED.
9. NIM. 8186176002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
8. NIM. 8186176002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
1. NIM. 8186176002 COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
2. NIM. 8186176002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
6. NIM. 8186176002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. NIM. 8186176002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
7. NIM. 8186176002 TABLES.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
3. NIM. 8186176002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 8186176002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM. 8186176002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
14. NIM. 8186176002 BILBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model
problem based learning berbantu PhET terhadap pemahaman konsep dan
kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dan menganalisis N-gain pemahaman
konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Tempat dilaksanakannya penelitian
yaitu di SMA Negeri 7 Medan pada siswa kelas X. Jenis penelitian ini adalah kuasi
eksperimen.. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan
model problem based learning berbantu PhET terhadap pemahaman konsep dan
kemampuan pemecahan masalah fisika siswa dikelas dengan nilai signifikansi lebih
kecil dari 0,05 ; (2) N-gain pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan
masalah fisika siswa lebih tinggi pada kelas yang menggunakan model problem
based learning berbantu PhET dibandingkan dengan menggunakan pembelajaran
konvensional, dengan nilai rata-rata N-gain pemahaman konsep di kelas
eksperimen 0.67 dikategori sedang dan rata-rata N-gain pemahaman konsep di
kelas kontrol 0.44 dikategori sedang. Rata-rata N-gain kemampuan pemecahan
masalah di kelas eksperimen 0.61 sedangkan rata-rata N-gain kemampuan
pemecahan masalah di kelas kontrol 0.39.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.72 Poh p |
Keywords: | problem based learning, PhET, kuasi eksperimen, pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 06:41 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55043 |