Nurhayani (2022) Pengembangan E-modul Titrasi Asam Basa Berbasis Blended Learning dengan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8186142001 COVER.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
5. NIM. 8186142001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM. 8186142001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM. 8186142001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
6. NIM. 8186142001 TABLES.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
2. NIM. 8186142001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7. NIM. 8186142001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
9. NIM. 8186142001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
8. NIM. 8186142001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
13. NIM. 8186142001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
14. NIM. 8186142001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hasil analisis kebutuhan, bahan ajar dan pemakaian media pembelajaran materi Titrasi Asam Basa; mengembangkan e-modul titrasi asam basa berbasis blended learning dengan aplikasi kvisoft flipbook maker berdasarkan BSNP; perbedaan peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan; dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (research and development) yang dimodifikasi dari pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN Batubara. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan masing-masing siswa berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik pengumpulan data purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket berdasarkan BSNP, tes objektif yang valid dan reliable dan angket minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dua pihak (Independent Sample t-Test) yang sudah berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: analisis kebutuhan diperoleh indikator pembelajaran, analisis bahan ajar dan media pembelajaran pada materi titrasi asam basa dalam pembelajaran belum memiliki animasi atau gambar, video dan audio, serta isi pembelajaran tidak spesifik dalam menjelaskan kurva titrasi asam basa; e-modul titrasi asam basa berbasis blended learning dengan aplikasi kvisoft flipbook maker sangat layak digunakan dengan persentase kelayakan isi sebesar 86%, kelayakan bahasa sebesar 88% dan kelayakan penyajian sebesar 85%; ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan e-modul titrasi asam basa berbasis blended learning dengan aplikasi kvisoft flipbook maker dan siswa yang diajarkan menggunakan buku pegangan guru, dimana pembelajaran menggunakan e-modul titrasi asam basa berbasis blended learning dengan aplikasi kvisoft flipbook maker lebih baik dengan efektivitas sebesar 65,88% yang tergolong sedang dan pembelajaran menggunakan buku pegangan guru sebesar 45,76%; minat belajar siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas eksperimen pada materi Titrasi Asam Basa tergolong tinggi dengan rata-rata sebesar 81,7% sedangkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas kontrol tergolong sedang dengan rata-rata sebesar 75,9% .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.3 028 5 Nur p |
Keywords: | e-modul,blended learning,kvisoft flipbook maker,titrasi asam basa, hasil belajar, minat belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:58 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54998 |