Siburian, Grace Malini (2023) “Pengaruh Alat Peraga Kelereng Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 105351 Bakaran Batu Kecamatan Lubuk Pakam T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111144 COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1183111144 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 1183111144 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
4. NIM. 1183111144 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
5. NIM. 1183111144 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1183111144 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
7. NIM. 1183111144 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 1183111144 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 1183111144 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
13. NIM. 1183111144 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
14. NIM. 1183111144 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga kelereng terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 105351 Bakaran Batu T.A. 2022/2023. Jenis penelitan yang digunakan adalah Quasi Experimental, dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB yang berjumlah 52 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan pedoman wawancara. Tes belajar Matematika dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample test dan uji independent sample test, dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 26 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga kelereng terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN 105351 Bakaran Batu. Berdasarkan analisis uji perbandingan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen diperoleh 50,38 dan kelas kontrol 50, sementara perolehan nilai rata-rata posttest yaitu 80,86 sedangkan kelas kontrol 64,48. Berdasarkan nilai ra-rata kelas eksperimen dan kontrol, penggunaan alat peraga kelereng lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kemudian berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu 0,00 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dinyatakan bahwa ada pengaruh alat peraga kelereng terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 105351 Bakaran Batu T.A. 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-014 |
Keywords: | Alat Peraga Kelereng; Hasil Belajar; Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 07:51 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 07:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54990 |