Tondang, Herlina (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Video terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2192411005 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM 2192411005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
3. NIM 2192411005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM 2192411005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM 2192411005 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
6. NIM 2192411005 TABLES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 2192411005 PICTURES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM 2192411005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM 2192411005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13. NIM 2192411005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
14. NIM 2192411005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
discovery learning berbantuan media pembelajaran video terhadap keterampilan
menulis teks eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Medan Tahun Ajaran
2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 4
Medan dengan total siswa sebanyak 347, sedangkan sampel yang digunakan
berjumlah 32 siswa, ditetapkan dengan teknik random sampling. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen. Instrumen pada
penelitian ini terdiri observasi dan tes menulis teks eksplanasi yang dinilai
berdasarkan struktur teks, kaidah kebahasan, dan mekanik pada teks eksplanasi.
Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum diterapkan pembelajaran dengan
model discovery learning berbantuan media pembelajaran video yaitu 63,54,
sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan model
discovery learning berbantuan media pembelajaran video yaitu 76,30. Maka,
dapat disimpulkan nilai tes setelah diterapkan model discovery learning
berbantuan media pembelajaran video lebih tinggi dari sebelumnya. Hasil analisis
data pada pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5,77, kemudian
melihat tabel t, taraf signifikansi 5%, dan df = N – 1 = 32 – 1 = 31, diperoleh ttabel
= 1,69. Karena thitung diperoleh lebih besar dibandingkan dengan ttabel yaitu 5,77 >
1,69, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif H1 diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Discover Learning; Media Pembelajaran; Keterampilan Menulis; Teks Eksplanasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:48 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54976 |