Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Video terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Tondang, Herlina (2023) Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Pembelajaran Video terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2192411005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2192411005 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2192411005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2192411005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2192411005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2192411005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2192411005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2192411005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2192411005 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2192411005 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2192411005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2192411005 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2192411005 PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2192411005 PICTURES.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2192411005 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2192411005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2192411005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2192411005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2192411005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2192411005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2192411005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2192411005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
discovery learning berbantuan media pembelajaran video terhadap keterampilan
menulis teks eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Medan Tahun Ajaran
2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 4
Medan dengan total siswa sebanyak 347, sedangkan sampel yang digunakan
berjumlah 32 siswa, ditetapkan dengan teknik random sampling. Metode
penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen. Instrumen pada
penelitian ini terdiri observasi dan tes menulis teks eksplanasi yang dinilai
berdasarkan struktur teks, kaidah kebahasan, dan mekanik pada teks eksplanasi.
Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum diterapkan pembelajaran dengan
model discovery learning berbantuan media pembelajaran video yaitu 63,54,
sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan model
discovery learning berbantuan media pembelajaran video yaitu 76,30. Maka,
dapat disimpulkan nilai tes setelah diterapkan model discovery learning
berbantuan media pembelajaran video lebih tinggi dari sebelumnya. Hasil analisis
data pada pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 5,77, kemudian
melihat tabel t, taraf signifikansi 5%, dan df = N – 1 = 32 – 1 = 31, diperoleh ttabel
= 1,69. Karena thitung diperoleh lebih besar dibandingkan dengan ttabel yaitu 5,77 >
1,69, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif H1 diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Discover Learning; Media Pembelajaran; Keterampilan Menulis; Teks Eksplanasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 19 Mar 2024 04:48
Last Modified: 19 Mar 2024 04:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54976

Actions (login required)

View Item
View Item