Khairiyah, Putri (2022) Pengaruh Penggunaan LKPD Elektronik Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 27 Medan pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Undergraduate thesis, Univesitas Negeri Medan.
1. NIM 4183311054 COVEER.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
2. NIM 4183311054 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. NIM 4183311054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
4. NIM 4183311054 PREFACE.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
5. NIM 4183311054 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
6.NIM 4183311054 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7. NIM 4183311054 TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
8. NIM 4183311054 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
9. NIM 4183311054 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (859kB) | Preview
13. NIM 4183311054 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
14. NIM 4183311054 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan LKPD
elektronik berbasis kontekstual terhadap kemampuan pemahaman konsep
matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 27 Medan pada materi bangun ruang sisi
datar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode
penelitian eksperimen jenis quasy experiment dengan tipe nonequivalent control
group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 27 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Penarikan sampel
dilaksanakan dengan cara purposive sampling, maka terpilih kelas VIII-1 sebagai
kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang yang diajar menggunakan LKPD
elektronik berbasis kontekstual dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang
berjumlah 30 orang yang diajar tanpa menggunakan LKPD elektronik berbasis
kontekstual. Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa tes yang
berbentuk essay dengan jumlah 7 soal. Penelitian ini menggunakan uji normalitas
dan uji homogenitas data yang diperoleh dari kelas eksperimen dan kelas kontrol
dan diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Sehingga dilakukan
uji hipotesis melalui uji t menghasilkan dan ,
untuk taraf signifikan . Hal ini, menampilkan bahwa
maka ditolak dan diterima. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan LKPD elektronik berbasis kontekstual berpengaruh terhadap
kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 27
Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | LKPD Elektronik, Kontekstual, Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:33 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54975 |