Br. Sitepu, Karolina (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multiliterasi terhadap Kemampuan Mengembangkan Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Salapian. Masters thesis, UNIMED.
8. NIM 8186192004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (670kB) | Preview
7. NIM 8186192004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8186192004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
6. NIM 8186192004 TABELS.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
3. NIM. 8186192004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
1. NIM. 8186192004 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM 8186192004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5. NIM. 8186192004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
13. NIM 8186192004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
12. NIM 8186192004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan materi
pembelajaran teks eksposisi berbasis multiliterasi dengan berbantuan media
pembelajaran interaktif pada siswa SMA Negeri 1 Salapian. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan R&D.
Dengan Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas SMA Negeri 1 Salapian.
Pengembangan materi ajar teks eksposisi berbentuk web ini telah di validasi oleh
ahli materi dan ahli desain. Hasil validasi menunjukkan kelayakan isi sebesar
84,37% kategori sangat baik, kelayakan penyajian materi pembelajaran 93,75%
kategori sangat baik, aspek penilaian bahasa 93.05% kategori sangat baik.
Validasi ahli desain meliputi desain awal 77.60% kategori baik. Uji coba
perorangan memperoleh skor 81,24%. Uji coba kelompok kecil memperoleh skor
82,43%. Uji coba lapangan terbatas memperoleh skor 85.80%. Hasil
menunjukkan kelayakan media. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif
Berbasis Multiliterasi terhadap Kemampuan Mengembangkan Teks Eksposisi
pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Salapian diperoleh dari hasil penelitian uji
keefektifan produk berdasarkan pretest dan posttes. Hasil pretest siswa sebelum
menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multiliterasi dengan ratarata
70.68% pada kriteria “cukup” kemudian setelah dikembangkan dengan
berbantuan media pembelajaran interaktif mengalami kenaikan 80.15% pada
kriteria “baik”. Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan materi
pembelajaran teks eksposisi berbasis multiliterasi dengan berbantuan media
pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini
memiliki implikasi yaitu produk yang dikembangkan akan memberi sumbangan
praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru sebagai materi
ajar tambahan untuk memberi kemudahan pada materi yang sedang diajarkan
secara mandiri. Selanjutnya bagi siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran
khususnya dalam kegiatan menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410.72 Sit p |
Keywords: | media, pembelajaran, interaktif, multiliterasi, teks eksposisi |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P301 Style. Composition. Rhetoric |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:43 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54973 |