Gibran, Febian Haganta (2022) ANALYSIS OF STUDENT'S CRITICAL AND CREATIVE THINKING SKILLS IN ONLINE LEARNING OF THE MICROBIOLOGY COURSE IN THE BIOLOGY EDUCATION PROGRAM AT UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4183141036 COVER.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
2. 4183141036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. 4183141036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
4. 4183141036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
5. 4183141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
9. 4183141036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. 4183141036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (22kB) | Preview
14. 4183141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa pada pembelajaran daring matakuliah mikrobiologi di prodi pendidikan biologi Universitas Negeri Medan. Metode yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan biologi stambuk 2019 Universitas Negeri Medan. Pengambilan sampel dilakukan secara Random Sampling dimana teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan jumlah 70 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes uraian dan wawancara untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif mahasiswa. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada kategori sedang (59,78). Hasil setiap indikator kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa indikator elementary clarification dalam kategori tinggi (77,14), basic support dalam kategori tinggi (64,68), inference dalam kategori rendah (44), advanced clarification dalam kategori sedang (55,37), dan strategy and tactic dalam kategori sedang (57,71). Sementara itu, hasil tes kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada pembelajaran daring terdapat pada kriteria sedang (57,97). Hasil setiap indikator kemampuan berpikir kreatif menunjukan bahwa indikator fluency dalam kategori tinggi (70), flexibility dalam kateogori sedang (54,9), originality dalam kategori sedang (46,53), dan elaboration juga dalam katgori sedang (60,46).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 BIO 193 |
Keywords: | Berpikir kritis; Berpikir kreatif; Mikrobiologi; Pembelajaran daring |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 04:58 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54968 |