Sahara, Alfrija Irza (2023) Pengembangan Materi Ajar Teks Fabel Berbasis Video Animasi Berbantuan Aplikasi KineMaster Pro Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta YPK Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2193111008 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM 2193111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
3. NIM 2193111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
4. NIM 2193111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
5. NIM 2193111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
6. NIM 2193111008 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. NIM 2193111008 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
8. NIM 2193111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
12. NIM 2193111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 2193111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, 1) mengetahui proses pengembangan materi ajar
teks fabel berbasis video animasi berbantuan aplikasi KineMaster Pro. 2)
mengetahui wujud produk materi ajar teks fabel berbasis video animasi
berbantuan Aplikasi KineMaster Pro. 3) mengetahui kelayakan materi ajar teks
fabel berbasis video animasi berbantuan aplikasi KineMaster Pro. Adapun model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Borg and Gall
yang memiliki sepuluh langkah-langkah namun dimodifikasi oleh peneliti menjadi
lima langkah yakni, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk,
validasi produk, dan revisi produk. Subjek penelitian yang digunakan ialah 38
siswa kelas VII di SMP Swasta YPK Medan. Sedangkan objek penelitiannya
mengenai materi teks fabel berbasis video animasi berbantuan aplikasi
KineMaster Pro. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan
wawancara kepada guru dan pemberian kuesioner berupa angket terhadap siswa.
Instrumen penelitian berbentuk lembar angket validasi ahli materi dan ahli media
yang dihitung dengan menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan
dengan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk
produk materi ajar teks fabel berbasis video animasi berbantuan aplikasi
KineMaster Pro memperoleh nilai dari ahli materi sebesar 85% dengan kategori
“sangat baik”. Sedangkan hasil validasi ahli media diperoleh nilai sebesar 90%
dengan kategori “sangat baik” sehingga dapat dinyatakan bahwa produk sangat
layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Materi Ajar, Teks Fabel, Video Animasi, KineMaster Pro |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:42 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54941 |