Purba, Priwibowo (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7111541016_COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 7111541016_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
4. NIM. 7111541016_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 7111541016_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 7111541016_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. NIM. 7111541016_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 7111541016_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM. 7111541016_BAB I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
13. NIM. 7111541016_BAB V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. NIM. 7111541016_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 13 Medan dengan jumlah 454 siswa. Teknik penggambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan sampel 113 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 25 butir, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,767 untuk variabel kecerdasan emosional dan 0,780 untuk variable Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. Selain itu digunakan studi dukumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, linieritas, analisis regresi linier berganda, determinasi R2 dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara secara simultan digunakan uji F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y =23,276+ 0,132X1+ 0,505 X2. Selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,607 atau 61%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan pemanfaatan media pembelajaran berbasis TIK siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi.
Kepada pihak sekolah terutama guru agar berusaha memahami kondisi emosional siswa, supaya siswa tidak merasa cemas dalam mengikuti kegiatan belajar. Para guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam mengajar untuk menariuk perhatian siswa terhadap materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 NIAGA 003 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional; Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi; Komunikasi Dan Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 May 2016 03:43 |
Last Modified: | 27 May 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5492 |